PUASA, VOLUME SAMPAH NAIK 40 %

 154 total views,  2 views today

INDRALAYA KS-Hingga hari ke-8 berpuasa, volume sampah di Kabupaten Ogan Ilir (OI)  melonjak  30 – 40 persen atau mencapai 100 kubik per harinya. Padahal hari biasa volumenya hanya 40 kubik.

“Melompatnya volume sampah di kabupaten ini seiring dengan tibanya bulan suci ramadhan yang bersebab kebutuhan rumah tangga meningkat. Di mana volume sampah mencapai angka 100 kubik setiap harinya,” demikian kata Akh Lutfi Msi, Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota Kabupaten Ogan Ilir, Akh Lutfi, MSi didampingi Kepala Bidang Kebersihan, Kasman Gani kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Kamis (18/7).

Ucap Lutfi, walaupun volume sampah saat berpuasa melonjak cukup tinggi, namun pihaknya tetap berupaya menjaga kebersihan dengan cara mengangkut sampah-sampah yang lebih didominasi milik rumah tangga.

Ia berkata, sampah-sampah yang diangkut lalu dikumpulkan di beberapa Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Dan, selanjutnya baru diangkut armada sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Di sini para petugas pengankut sampah mulai bekerja sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB,” cetus Lutfi.

Ada  beberapa titik di Kota Indralaya, sambung Lutfi, di mana volume sampah tertinggi berada di kawasan Pasar Indralaya.

“Untuk mengakut sampah-sampah itu, kita telah menyediakan sebanyak 11 armada terdiri lima unit kontainer dan truk pick up sebanyak enam unit,” bebernya.

Ucap Lutfi, khusus tenaga kebersihan siap melakukan pembersihan setiap harinya. Juga pasukan pembersih jalan ini dibagi tugasnya sesuai dengan lokasi yang strategis dan tugas masing-masing.

“Meningkatnya volume sampah ini masih wajar. Apalagi memang jumlah penduduk di Inderalaya ini terus bertambah,” tukasnya.

Disebutkan Lutfi, bahwa OI memiliki dua TPA yaitu di kawasan Tanjung Raja dan  di Palemraya Kecamatan Indralaya Utara yang memiliki kapasitas yang cukup besar.

“Tiap sampah yang masuk ke TPA ini dilakukan pengeringan terlebih dahulu yang selanjutnya baru di timbun dalam tanah,” terangnya.

Menyoal membengkaknya volume sampah, Faisal Asisten II, Setda Kabupaten Ogan Ilir bertutur, saat ini kebersihan Kota Indralaya khususnya sudah ditingkatkan, seiring bertambahnya alat pengangkut sampah dan Sumber Daya Manusianya.

“Kalau tahun lalu kita akui memang sampah menjadi permasalahan besar. Dan, petugas sampah kita kewalahan. Tapi, tahun ini tidak lagi, sebab apa yang dibutuhkan pihak Tata kota, kami rasa sudah terpenuhi semua. Jadi, bukan alasan lagi Ogan Ilir ini banyak sampah yang menumpuk,” Faisal menyampaikan.

Pun Faisal menghimbau pada masyarakat agar sebelum membuang sampah ke TPS supaya memilah-milah sampah antara organik maupun sampah rumah tangga.

“Ini maksudnya agar lebih memudahkan petugas dalam melakukan pengolahan di TPA nanti,” pinta Faisal.

TEKS:JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster