Palembang Belum Terima CPNS

 82 total views,  6 views today

cpnsPALEMBANG, KS-Keinginan masyarakat yang ingin menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, harus menelan kekecewaan. Hal ini dikarenakan, pemkot dipastikan tahun ini belum akan menerima CPNS dari formasi umum.

Kepastian itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palembang, Agus Kelana, Kamis (18/7). Menurutnya, usulan pemkot untuk membuka seleksi CPNS dari formasi umum ditolak oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB).

“Kita sudah mengajukan untuk membuka seleksi CPNS dari umum, sebanyak 383 formasi. Namun itu ditolak oleh Kemenpan dan RB,” kata Agus dibincangi disela-sela pelantikan Sekda Kota Palembang, Kamis (18/7) di ruang Prameswara Pemkot Palembang.

Ditolaknya usulan pemkot itu menurut Agus, dikarenakan pemkot terbentur dengan belanja pegawai. Dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Palembang, belanja pegawai atau belanja tidak langsung masih diatas 50 persen atau melebihi belanja barang atau belanja langsung.

“Aturannya, daerah dapat menerima CPNS jika belanja pegawai lebih rendah dibandingkan belanja langsung. Sementara kita, belanja pegawainya masih lebih tinggi,” sebut Agus.

Sebenarnya keinginan pemkot untuk membuka seleksi CPNS, dari formasi umum ini disebabkan banyak PNS dilingkungan pemkot yang pensiun,meninggal dunia dan mutasi. Selain itu sambung Agus, pemkot juga sudah tiga tahun berturut-turut tidak menerima pegawai sehingga jumlah PNS dilingkungan pemkot berkurang sekitar 1500 orang.

“Kekosongan pegawai inilah, yang rencananya kita harapkan dari penerimaan CPNS. Kita butuh pegawai untuk mengisi formasi di bidang teknis, kesehatan dan pendidikan (guru),” bebernya.

Namun dengan ditolaknya usulan pemkot itu, oleh Kemenpan dan RB maka pemkot akan memaksimalkan pegawai yang ada. Selain itu, akan mengkaji kemungkinan menarik PNS dari daerah yang minta pindah tugas ke Palembang.

70 Nama Dicoret

Bagaimana dengan honorer ?, menurut Agus, jumlah honorer dilingkungan pemkot untuk katagori II masih diatas 1000 orang. Dari ribuan honorer itu, sebelumnya ada 1.665 honorer yang masuk seleksi pengangkatan sebagai PNS.

“Namun ada 70 nama yang gugur, karena mendapatkan sanggahan saat uji publik yang dilakukan sejak 4 April lalu hingga sekarang. Ada juga honorer yang dianggap tidak memenuhi syarat,” bebernya.

Agus menjelaskan, untuk honorer katagori II yang bisa diikutkan dalam seleksi pengangkatan sebagai PNS harus memenuhi syarat diantaranya SK pengangkatan diatas tahun 2005.

“Nama-nama yang lulus uji publik, sudah kita serahkan ke Menpan dan RB. Selanjutnya, mereka masih harus mengikuti ujian tertulis yang kemungkinan digelar September nanti,” ujarnya.

“Ada dua tahap tes yakni tes kemampuan dasar, dan tes kemampuan bidang. Soalnya, dibuat oleh 10 konsorsium perguruan tinggi negeri seperti UGM, UI, IPB, ITB dan lainnya,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster