Ketinggian Air Capai 30 CM Kendaraan Sulit Melintas

 241 total views,  2 views today

Tampak-air-yang-menggenangi-jalinsum-di-Desa-Lingga,-tepatnya-di-depan-PT-United-Tractors-(UT)-Tanjung-Enim,-membuat-kendaraan

Tampak air yang menggenangi jalinsum didesa Lingga tepatnya didepan PT United | Dok KS

MUARA ENIM | KS-Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Tanjung Enim dan sekitarnya,  Rabu (17/7) pagi, ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim, tepatnya di depan PT United Tractors (UT) Tanjung Enim mengalami banjir. Ketinggian air mencapai 30 centimeter, sehingga kendaraan susah melintas kendaraan susah melintas.

“Setiap kali hujan deras yang berlangsung cukup lama, kawasan tersebut selalu banjir. Banjir terjadi dikarenakan drainase yang berada disekitar lokasi menuju ke aliran sungai enim terlalu kecil, sehingga air meluap hingga ke badan jalan raya,” tutur Marfuat (45), salah seorang pengendara sepeda motor saat ditemui Kabar Sumatera.

Jika tidak segera diperbaiki, kata dia, drainase yang ada disekitar lokasi bakal amblas. Pihak terkait harus segera melakukan tindakan dengan membuat saluran air baru. Sehingga air yang ada di drainase tidak meluber ke jalan.

“Sudah sering drainase yang berada disekitar lokasi amblas, dikarenakan saluran airnya kecil. Oleh karena itu, kita berharap, pihak terkait tidak hanya memperbaiki drainase yang rusak. Namun, mencari solusi terbaik agar air tidak lagi meluber ke jalan,” harap Marfuat.

Senada dituturkan pengendara lain Herman (48), mengatakan air mulai menutup badan jalan sekitar 30 menit hujan mengguyur Kota Tanjung Enim. Kawasan itu merupakan langganan banjir, karena setiap kali hujan deras selalu terjadi banjir. Dirinya tidak tahu mengapa dikawasan itu sering terjadi banjir, mungkin karena banyak sampah yang berada didalam drainase, sehingga menghalangi aliran air menuju ke sungai enim, tuturnya.

Atau mungkin, kata dia, dikarenakan kecilnya drainase yang berada disekitar lokasi, sehingga tidak mampu menampung debet air yang terlalu tinggi, menyebabkan melubernya air hingga ke badan jalan raya.

“Kita selaku masyarakat umum mengharapkan kepada pihak terkait, agar segera mengecek ke lokasi serta melakukan perbaikan, sehingga apabila terjadi hujan deras yang cukup lama, kawasan tersebut tidak lagi mengalami banjir dan juga arus lalu lintas dapat normal,” harap Herman.

 

Teks : Siswanto

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster