Juas Sabu, Oknum Polisi Ditangkap

 341 total views,  4 views today

sabu

Ilst. Sabu | protothema.gr

MUARA ENIM I KS-Oknum Polisi berinisial Briptu AF yang bertugas di Satuan Sabhara Kepolisian Resor (Polres), Muaraenim ditangkap Tim Gabungan, Sat Res Narkoba dan Propam Polres Muaraenim.

Dalam penangkapan tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti 11 peket sabu-sabu. Penangkapan oknum polisi tersebut, bermula dari banyaknya laporan masyarakat melalui Sort Massage Service (SMS) ke nomor online Kapolres Muaraenim. Dari laporan tersebut ditindaklanjuti oleh Satuan Narkoba dan Unit Propam Polres Muaraenim.

Dipimpin langsung Kasat Res Narkoba, Iptu Tony Priyanto dan Kepala Seksi (Kasi) Propam Iptu Asmuni dan anggota lainnya, melakukan penyelidikan sekaligus penyisiran ke lokasi tempat pelaku biasanya melakukan transaksi.

Hanya saja, upaya petugas belum membuahkan hasil. Lalu, petugas berhasil menemukan pelaku di Jalan SMB II Lorong Cahaya usai mengisi bahan bakar minyak (BBM) eceran,Selasa (16/7) sekitar pukul 11.00 WIB.

Petugas lalu menghentikan laju kendaraan pelaku yang mengendarai sepeda motor Supra X Dinas Pemda dengan nomor polisi BG2547 DZ. Awalnya, pelaku berontak saat akan diamankan, namun berkat kesigapan petugas pelaku dapat diredam.

Selanjutnya, pelaku diminta untuk menunjukan barang bukti narkoba miliknya. Hanya saja pelaku, menolak dengan alasan tidak memiliki narkoba sebagaimana dituduhkan.

Petugas tidak percaya begitu saja, lalu pelaku dimasukan ke dalam mobil petugas untuk dilakukan penggeledahan. Belum lah masuk ke dalam mobil, pelaku membuang sesuatu dari dalam saku celananya.

Petugas pun mulai curiga apa yang dibuang pelaku, ternyata yang dibuangnya adalah dompet kecil. Namun petugas tidak langsung membukanya melainkan menggiringnya ke rumahnya untuk melakukan penggeledahan dengan tujuan untuk mencari barang bukti narkobanya.

Telah sampai di rumahnya, petugas baru membuka isi dompet milik pelaku, ternyata berisikan sabu-sabu sebanyak 11 paket, dengan rincian, 9 paket kecil dan masing-masing 1 paket sedang dan besar. Di rumah pelaku, petugas tidak menemukan barang bukti narkoba lainnya.

Kasat Res Narkoba Iptu Tony Priyanto yang ditemui Rabu (17/7), membenarkan telah menangkap pelaku, Briptu AF yang merupakan anggota Sabara Polres Muara Enim.

“Briptu AF, kita tangkap setelah menindaklanjuti banyak nya laporan masyarakat yang resah atas bisnisnya yang diduga sebagai pengedar narkoba jenis sabu-sabu,” ungkap Tony.

Barang bukti sabu-sabu miliknya, diduga dipasok dari Palembang dalam jumlah yang cukup besar yakni sebanyak seperempat ons. Lalu, dipecah menjadi tiga, paket kecil, paket sedang dan besar yang nilainya mencapai Rp 15 juta.

“Barang bukti sabu-sabu yang kita amankan sebanyak 11 paket, 9 paket kecil, dan dua paket lagi, paket besar dan sedang,”beber Tony.

Dikatakan Tony, kondisi pelaku saat ini dalam keadaan sakau, sehingga petugas masih menunggu kondisinya normal untuk dilakukan pemeriksaan. “Ya memang, pelaku masih sakau,  jadi keteranganya, berbeda-beda ketika ditanya-tanya. Tapi yang jelas, dengan barang bukti yang cukup banyak, pelaku dalam kategori pengedar. Bahkan, pelaku usai ditangkap dan dilakukan tes urine, ternyata positif, artinya, pelaku juga sebagai pengguna juga,”sambung Tony.

Sementara itu Kapolres Muara Enim AKBP Mohamad Aris menegaskan, pihaknya tidak tebang pilih dalam pemberantasan narkoba. “Kita tindak tegas, siapa pun pelakunya, baik sipil maupun petugas,” ungkap Aris.

Penangkapan oknum Briptu AF, kata Aris, merupakan bentuk keseriusan dalam pemberantasan narkoba. “Polres tidak hanya mengungkap pelaku dari luar saja, melainkan kalau ada anggota yang terlibat, maka kita tindak juga. Jadi, pengungkapan ini ada keseimbangannya, dan seandainya di temukan pengedar pemakai narkoba baik masyarakat apalagi anggotanya silahkan sms ke nomor saya 0811780202, ” pintanya.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster