H-7, THR Harus Sudah Dibayar

 295 total views,  2 views today

 

PALEMBANG, KS-Walaupun setiap tahunnya setiap menjelang Idul Fitri, semua pengusaha dihimbau untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada pekerjanya satu minggu sebelum lebaran.

Namun masih banyak pengusaha yang mangkir, dari kewajibannya itu. Tahun ini, Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi (Disnakertrans) Sumatera Selatan (Sumsel) berharap, itu tidak terjadi lagi.

“Kita himbau semua pengusaha, membayar THR seminggu sebelum Idul Fitri. THR ini, wajib dibayarkan sesuai dengan surat edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi,” kata Kepala Disnakertrans Sumsel, Rizal Fathoni, Selasa (16/7).

Menurut dia, besaran THR yang diterima karyawan itu tentunya disesuaikan dengan gaji masing-masing, untuk yang memang sudah bekerja satu tahun. Kemudian yang belum satu tahun, dihitung berdasarkan lama kerja dibagi 12.

Jika ada perusahaan yang tidak membayar THR, Disnakertrans tegasnya akan memberikan sanksi sebab itu adalah kewajiban perusahaan untuk membayarnya. “Yang jelas sanksinya ada, dan itu kewajiban perusahaan untuk membayarnya,” tegasnya.

Ia menyatakan, itu sudah kewajiban perusahaan dan tentunya mereka sudah mematuhi dan tidak mau susah-susah hanya karena tidak bayar THR. Pada lebaran nanti sambungnya, Disnakertrans akan membentuk posko untuk kelancaran Idul Fitri dan posko mudik bersama dari perusahaan. “Kita imbau nanti perusahaan untuk menyiapkan kendaraan, untuk mudik bersama,” tuturnya.

Ia menuturkan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya semua perusahaan di Sumsel membayar THR. “Tahun sebelumnya semua perusahaan membayar THR, karena sudah ada peraturannya dan ada sanksi bagi yang tidak melaksanakannya,”tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster