Polisi Amankan Ratusan Kilogram Mie Berformalin

 210 total views,  2 views today

Polisi Amankan Ratusan Kilogram Mie Berformalin

HL-Jeruji

Foto : Dok Ist

PALEMBANG I KS – Ditreskrimsus Polda Sumsel dari Indaksi (Industri, Perdagangan dan Produksi) berhasil menyita ratusan kilogram mie kuning yang mengandung berformalin, Senin (15/07) pukul 14.00 WIB.

Dari penggrebekan yang dilakukan polisi, selain menyita mie kuning berformalin, petugas juga mengamankan seroang pria paruh baya sebagai pemilik ratusan Kilogram mie berformalin.

Agus (50), warga Jalan Km 32, Lorong Tamsi, RT 9, Kabupaten Ogan Ilir, harus meringkuk dibalik jeruji penjara Mapolda Sumsel, Agus harus mempertanggung jawabkan perbuatannya yang telah mencampurkan mie kuningnya dengan bahan pengawet mayat (Formalin).

Penangkapan Agus sendiri berawal dari laporan dari warga, terkait mie kuning berformalin yang beredar di Kota Palembang. Mendapat laporan tersebut, petugas yang dipimpin Kanit IV Ditreskrimsus Polda Sumsel, Komisaris Polisi (Kompol), Syeh Kopek dan jajarannya langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap Agus.

Saat ditangkap, tersangka Agus sedang melakukan produksi. Petugaspun langsung melakukan penggrebekan. Saat dilakukan pengeledahan ditemukan 300 kilogram mie kuning siap edar yang sudah mengandung formalin dan setengah liter formalin.

Saat diperiksa Agus mengaku, dirinya baru empat bulan ini menjual mie kuning yang berbahan formalin. Ini ia lakukan karena semua bahan naik pasca kenaikan BBM.

“Iya semua bahan memang naik pak, jadi untuk beli bahannya mahal.  Aku juga pakai formalin agar mie yang aku buat ini tahan lamo karena saat bulan ramadan ini pesanan konsumen banyak,” ungkapnya.

Disinggung berapa hasil produksi dalam sehari, Agus mengungkapkan, dalam sehari hanya membuat 30 kilogram. “Tapi karena bulan puasa, permintaan banyak seharinya kami buat 300 kilo dan dalam satu kilonya dijual dengan harga Rp 5 ribu,” ungkapnya sambil menyesal.

Sementara itu, Kasubdsit I Indkasi, AKBP Dewa P G Artaha membenarkan adanya penangkapan tersangka Agus. Tersangka ditangkap di rumahnya sedang membuat mie kuning.

“Karena saat diperiksa mie yang dibuat mengandung formalin, tersangka dan barang bukti mie kuning tersebut langsung diamankan ke Mapolda Sumsel,” ungkapnya.

Ditambahkanya, tersangka telah melangar, Pasal 136 huruf B, Jo pasal 75 ayat 1 huruf B UU no 18  Thn 2012 Tentang pangan Jo pasal 8 ayat 1 permenkes NO 33 tahun 2012 tentang  bahan tambahan pangan, diancaman hukuman 5 tahun penjara,” pungkasnya.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster