BLSM di Rantau Bayur Tak Tepat Sasaran

17 total views, 3 views today

blsm

Foto : DOK Int

BANYUASIN I KS – Tokoh Masyarakat Kecamatan Rantau Bayur,  Masohan (47) merasa kecewa dengan pembagian BLSM yang tidak tepat sasaran. Pasalnya, banyak ditemukan orang kaya  menerima bantuan langsung tersebut yang dipusatkan dikantor Camat Rantau Bayur, Minggu (14/7) lalun, sedangkan mayoritas warga miskin yang tidak mampu gigit jari.

“Kami kecewa pembagian BLSM Minggu kemarin, yang datang menganti  banyak orang kaya bahkan ada juga PNS, sedangkan warga yang benar miskin namun tidak dapat” ujarnya   Senin (15/07) kemarin.

Masih dikatakan Masoha, masyarakat kaget pendataan BLSM tahun ini, karena jelas sekali jika mereka yang miskin layak menerima bantuan kompensasi BBM tersebut senilai Rp300 ribu/ RTS, kenyataan di lapangan di luar dugaan bahwa pendataan RTS main tembak karena banyak orang kaya yang menerima BLSM itu .

“Mesti ada pendataan ulang, untuk BLSM di Kecamatan Rantau Bayur, saya minta pemerintah harus turun tangan jangan sampai harapan warga miskin jadi hampa,”tegasnya

Senada juga dikatakan Kades Rantau Harapan Jumahat, ketika mendatangi tempat pendistribusian BLSM di Kantor Camat Rantau Bayur, melaporkan hal ini kepada petugas tersebut jika ditemukan banyak orang kaya yang menerima dan warga miskin tidak menerima.

“Memang harus disalahkan BPS, karena data tidak tepat sasaran contoh orang meninggal dan orang kaya dimasukkan dalam data, jadi kacau data tersbut karena tidak tepat sasarannya,”bebernya

Terpisah Kepala Desa Sungai Lilin Kecamatan Rantau Bayur Sunarwi  mengatakan bahwa untuk jumlah penerima undangan guna mengambil BLSM didaeranya sebanyak  157 orang “undangan itu diterima dari salah satu petugas dari kecamatan yang mengaku mendapat amanat dari kantor pos untuk mengantarkan undangan, dalam  undangannya warga disuruh untuk datang Kedesa Tanjung Menang untuk mengambil BLSM” beber Sunarwi kemarin (15/07)

Dikatakan Sunarwi namun  tidak semua penerima undangan yang datang memenuhi undangan tersebut menerima BLSM “dari 157 penerima undangan itu, ada sekitar 27 orang tidak menerima BLSM ” lanjutnya

Menurut Sunaryo  bahwa dari 157 penerima undangan tersebut banyak dari warga yang tergolong mampu

Sementara bayak juga warga yang tergolong miskin namun tidak menerima undangan sehingga tidak bisa mendapatkan BLSM.

Semetara Sekretaris Kecamatan Rantau Bayur Drs Ishak mengatakan pihak nya sudah koordinasi dengan BPS dan Dinsos Banyuasin. Akan tetapi mereka juga bingung dan tidak tahu dari mana akurasi data RTS tersebut untuk wilayah di Kecamatan Rantau Bayur.

“Ketika kami rapat, dinsos tidak tahu datanya sebenarnya, kami juga binggung karena banyak warga yang komplin, karena data RTS tidak tepat sasaran,”katanya

Sementara Pemasaran Pos Indonesia, Wahyu Suwardana mengungkap pihaknya hanya menyalurkan BLSM dan, untuk data RTS bukan wewenangnya.

 

Teks: Diding Karnadi

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com