Car Free Day di Stop Selama Ramadhan

 244 total views,  2 views today

car-free-day

car-free-day

PALEMBANG, KS-Hari bebas kendaraan atau yang biasa disebut car free day di kawasan Jalan Jendral Sudirman tepanya di depan Bundaran Air Mancur (BAM) yang biasa diterapkan pada hari Minggu, selama ramadhan akan dihentikan sementara.

Penghentian sementara car free day menurut Kepala Bidang (Kabid) Transportasi Jalan dan Rel, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus Supriyanto, karena selama ramadhan biasanya aktivitas olahraga masyarakat sedikit berkurang.

Selain itu, dikarenakan adanya kegiatan pelantikan Wali Kota Palembang, Minggu, 21 Juli mendatang. “Biasanya ada personil dishub, yang kita turunkan untuk car free day. Namun saat pelantikan wali kota nanti, semua personil harus diturunkan untuk mengatur lalu lintas,” kata Agus dibincangi, kemarin.

Pihak kepolisian pun sebut Agus, mendukung penghentian sementara car free day selama bulan ramadhan. Sebab pihak kepolisian, disiagakan mengawasi kegiatan asmara subuh yang identik dengan aksi balapan liar jalanan di sejumlah titik.”Ini juga sudah kita rapatkan, hasilnya disepakati penghentian sementara car free day selama bulan ramadhan,” tegasnya.

Namun usai Idul Fitri jelas Agus, car free day ini akan kembali diterapkan. “Jadi penghentian car free day ini, sifanya sementara. Usai Idul Fitri, akan kita terapkan kembali,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang, Kompol Arief Fitrianto mengaku car free day itu justru akan diusulkan agar pelaksanaanya di legalkan dengan cara dibuat peraturan baik peraturan wali kota (perwali) atau peraturan daerah (perda).

“Kepastian dasar hukum ini nantinya, yang diperlukan agar tidak terjadi pro dan kontra penetapan car free day. Sebab pada dasarnya penetapan car free day untuk kepentingan bersama, khususnya memberikan ruang terbuka bagi masyarakat yang ingin berolahraga,”ujarnya.

Sementara itu, Asisten bidang Pembangunan Setda Palembang, Taufik Sya’roni, mengatakan, kepastian hukum penarapan car free day di kawasan Jalan Jendral Sudirman, tengah disiapkan Perdanya.

Taufik menjelaskan, Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra setuju dengan penerapan car free day ini. Bahkan minta agar lokasinya diperluas, hingga simpang RS Charitas.

“Wali kota, sangat mendukung car free day ini. Sekarang perda nya tengah disiapkan, sebab car free day di kawasan Kambang Iwak juga sudah ada perda nya,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster