Atap Gedung SMAN I Pulau Rimau Rontok

 238 total views,  4 views today

BANYUASIN/KS-Kondisi bangunan gedung milik SMAN I Kecamatan Pulau Rimau kini memprihatinkan. Bagian atap gedung terlihat mulai rontok, sehingga tidak lagi digunakan untuk beraktivitas proses belajar mengajar.

Menurut sekjen Komite Sekolah, Junaidi, kuat dugaan cepat rusaknya bangunan itu lantaran bagian atap material bangunannya menggunakan kayu muda atau tidak sesuai standar bangunan. Hal itu terkesan asal jadi.

“Itulah akhirnya bangunan gedung Laboratorium milik sekolah itu cepat rusak dan hingga kini tidak dipakai untuk kegiatan belajar. Siswa khawatir saat melakukan kegiatan didalam ruangan terjadi musibah,” katanya.

Junaidi menambahkan, sebelum memakan korban jiwa, pihak sekolah diharapkan melakukan antisiapasi dini. “Tapi kabarnya pihak sekolah pada tahun 2013 ini mendapatkan bangunan Laboratorium yang baru,” ujarnya.

Karena saat sekarang sedang libur sekolah, kata Junaidi, Komite Sekolah belum dapat berbicara banyak. Namun jika tahun ajaran baru mulai aktif, pihaknya akan melakukan rapat komite termasuk untuk membahas masalah rontoknya atap.

Sambung Junaidi, pihaknya  terpaksa harus mencari dana dari wali murid. Sebab ditingkat SMA belum ada anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) seperti disekolah SD.

“Maka satu-satunya sumber dana tetap dari wali murid itulah. Sedangkan dari dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS) yang ada cukup untuk pembayaran guru honorer saja dan di sekolah ini masih banyak guru honor dibanding dengan guru PNS,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN I Pulau Rimau, Yatno saat di hubungi via seluler mengakui jika gedung sekolah yang dipimpinnya ada bagian atapnya yang sudah rontok. Menurutnya, kerusakan tersebut sudah terjadi sejak 4tahun lalu.

“Kami telah berusaha mengusulkan sampai pusat namun belum juga dapat anggaran sehingga terpaksa satu ruang itu tidak digunakan kegiatan belajar mengajar,” bebernya.

Atap gedung yang rontok itu, lanjut Yatno, berada tepat pada ruang Lab Fisika. Untuk kegiatan praktikum siswa untuk bidang studi Fisika bergabung dengan ruang Lab Kimia.

“Untuk sementara praktikum siswa bidang studi Fisika bergabung dengan Lab Kimia,  dan untuk melakukan perbaikannya  nanti akan kami dibicarakan dengan pengurus komite sekolah,” pungkasnya.

 

Teks : Diding Karnadi

Edutor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster