Alex Noerdin : “Satu Rupiah pun, Saya tak Gunakan APBD”

13 total views, 3 views today

alex

Alex Noerdin

PALEMBANG, KS-Suhu politik di Sumatera Selatan (Sumsel), kian memanas paska keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel untuk menggelar pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) ulang di Kabupaten OKU, OKU Timur, Prabumulih dan Palembang serta Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten OKU Selatan.

Baru beberapa hari putusan MK itu, tensi persaingan mulai memanas. calon gubernur (Cagub) Sumsel, Herman Deru menyebut digelarnya pemungutan suara ulang dan dibatalkannya keputusan KPU Sumsel tentang hasil rekapitulasi suara pemilukada Sumsel itu karena adanya penggunaan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sebesar Rp1,4 trilyun.

Namun tudingan itu, dibantah oleh Cagub Sumsel, Alex Noerdin. Calon incumbent ini  menegaskan, ia tidak menyelewengkan penggunaan dana APBD Sumsel sebesar Rp1,4 trilyun seperti yang ditudingkan kepadanya itu untuk membiayai kampanyenya di pemilukada Sumsel lalu.

Orang nomor satu di Sumsel ini, terang-terangan mengaku kalau tuduhan itu bohong besar. Karena dana tersebut, hanyalah terserap untuk dana pendidikan dan bantuan sosial.

“Saya tidak menyentuh satu rupiah pun dari dana APBD Sumsel, untuk kampanye. Karena anggaran itu, sudah jelas dan terperinci peruntukannya. Apalabila, ada penyimpangan pasti akan teraudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” kata Alex.

“Jelas tidak mungkin, kalau kita pakai dana APBD. Saya menjamin satu rupiah pun tak mungkin saya selewengkan,’’ tegas Alex ketika dibincangi disela-sela Student Inauguration SMA Negeri Sumsel, di Ogan Permata Indah (OPI) Conventions Center, Jakabaring, kemarin.

Alex mengaku merasa dirugikan dan merasa terpukul, dengan adanya tudingan tersebut. “Saya akan jelaskan isu yang beredar di media itu, secara benar. Insya Allah, besok (Senin) saya akan mengklarifikasinya,” ucapnya.

Sebagai informasi, sebelumnya saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat (12/7), Cagub Sumsel, Herman Deru menyebut digelarnya pemungutan suara ulang pemilukada Sumsel, karena MK meyakini ada penggunaan dana APBD sebesar Rp1,4 trilyun oleh calon incumbent untuk  memenangkan pemilukada Sumsel 2013.

“Dana APBD Sumsel yang digunakan, lebih besar dari dana APBD kabupaten dan kota di Sumsel dalam satu tahun. Ini bukan isu, karena sudah terungkap dalam persidangan di MK,” tegas Deru.

Ia juga menyebut, dengan putusan MK itu ia yakin bisa memenangkan pemilukada Sumsel. Alasannya, daerah yang diulang adalah basis pendukungnya. “Daerah yang di ulang itu, adalah daerah unggulan kita. Kemarin angka partispasi di daerah itu, masih rendah jadi masih kita masih ada peluang agar angka partisipasi meningkat,” kata Deru.

Ia mengatakan, perolehan suara yang ia raih sebelumnya itu adalah murni dukungan masyarakat kepada ia dan pasangannya, Maphilinda Boer. Karenanya dengan di ulangnya pemilukada Sumsel di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, Palembang, Prabumulih dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten OKU Selatan, ia optimis bisa memenangkan pemilukada Sumsel.

Lalu, berapa target suara yang dibidik ?, Deru tak mau menjawabnya. “Kita tidak pakai target, tetapi kita harus menang. Saya mau menang dengan terhormat,” ungkapnya.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com