SMA BA Rintis Sekolah Berwawasan Lingkungan

 290 total views,  2 views today

ucynid1uMUARA ENIM / KS-Berbagai prestasi membanggakan berhasil diraih oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) Bukit Asam (BA) lingkungan.

Baru-baru ini, sekolah yang berada dibawah naungan perusahaan batubara terbesar di Indonesia PT BA Persero Tbk, telah memberhasil mendapatkan penghargaan sebagai sekolah berwawasan lingkungan (Adiwiyata) terbaik nasional.

Prestasi tersebut tidak lepas dari keuletan dan kerja keras pihak sekolah untuk menjadikan SMA BA sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan atau adiwiyata.

“Sebelum meraih Adiwiyata mandiri terbaik nasional. SMA BA sudah sejak tahun 2010 lalu, merintis untuk menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan. Dan sejak dari itu juga secara berkelanjutan, kita selalu mendapat nilai terbaik dalam setiap even yang ikuti terutama dibidang lingkungan mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi,” tutur kepala SMA Bukit Asam Dra Hj Nurbaiti saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (12/7).

Salah satu yang menjadi fokus dalam penataan lingkungan sekolah, kata Betty, adalah masalah menata dan lebih menciptakan keaneragaman hayati dilingkungan sekolah. ”Disekolah kita sudah banyak beragam pohon dan ini membantu juga siswa yang akan praktik disekolah seperti mata pelajaran Biolagi dan Fisika,” ujarnya.

Sebagai penunjang tambahan, lanjut Betty, SMA Bukit Asam juga memiliki lahan apotik hidup, lahan itu ditanam dengan beraneka ragam tanaman obat.Dalam penyediaan koleksi jenis tanaman obat, sekolah dibantu para wali siswa untuk menyediakan berbagai macam jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Setelah mendapatkan predikat Adiwiyata mandiri Nasional, tambah Betty, tentunya perjuangan SMA Bukit Asam tidak berhenti sampai disini. Bahkan, seluruh siswa dan dewan guru makin bersemangat dan terpacu untuk lebih baik lagi.

“Upaya itu kita lakukan dengan membudayakan warga sekolah untuk selalu menjaga kebersihan, baik dilingkungan dalam kelas maupun lingkungan sekitar sekolah. Penghargaan yang telah diraih, tentunya menjadi pemacu bagi warga SMA BA agar terus membudayakan hidup bersih dan sehat,” ucap Betty.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster