100 Ribu Warga Belum Rekam Data

 216 total views,  2 views today

antara-foto

Ilstrasi Pemindai Mata E-KTP | Antara Foto

PALEMBANG, KS-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang mencatat, masih ada 100 ribu warga yang belum melakukan rekam data. Karenanya wajib elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP), dihimbau untuk segera melakukan rekam data.

Himbauan ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Data dan Evaluasi, Disdukcapil  Kota Palembang, H. Djunaidi meminta agar masyarakat dapat berperan aktif untuk mendatangi kantor camat, agar melakukan rekam data untuk pembuatan e-KTP.

“Kami mengharapkan agar tidak hanya dari kami yang aktif, tetapi juga masyarakat. Karena e-KTP ini, merupakan dokumen penting. Segala kegiatan pasti perlu e-KTP,”ujarnya beberapa waktu lalu.

Djunaidi menyebut, jumlah warga yang wajib e-KTP saat ini tercatat ada 1.167.351 jiwa. Saat ini e-KTP yang telah diterima pihaknya sebanyak 944.305 e-KTP. Sedangkan sisa e-KTP, yang belum diterima ada 223.046 lembar.

Sebelumnya, Disdukcapil menargetkan distribusi E-KTP akan selesai Juni lalu. “Kendalanya bukan dari kita tetapi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Pencetakannya, dilakukan di Jakarta,” jelasnya.

Selain pencetakan e-KTP yang lamban, distribusi e-KTP yang tersendat ini juga disebabkan jumlah wajib e-KTP yang bertambah. Sebelumnya, wajib e-KTP di metropolis hanya 915.417 jiwa. Namun sekarang sebutnya, menjadi 16.701 jiwa. “Dengan kondisi itu, kami mengharapkan agar secepatnya seluruh e-KTP milik warga yang telah merekam sejak 2011 lalu, bisa didapat,”ucapnya.

Pihaknya menargetkan agar distribusi e-KTP ini, dapat selesai pada bulan ini. Apalagi sudah banyak laporan masuk, tentang e-KTP yang hilang. Karena untuk mengganti e-KTP ini, harus menyelesaikan dahulu distribusi e-KTP yang lama. “Semua kecamatan dapat kiriman e-KTP, hanya Sematang Borang dan Seberang Ulu  (SU) II saja yang tidak,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster