PTBA Luncurkan Sembilan Posdaya

 218 total views,  2 views today

BUKIT-ASAM

PALEMBANG KS-PT Bukit Asam (Persero) Tbk meluncurkan Sembilan pos pemberdayaan keluarga di wilayah operasional Ring I perusahaan untuk membantu mengentaskan kemiskinan di wilayah tersebut.

Direktur Utama PT Bukit Asam (PTBA) Milawarma mengatakan, pos pemberdayaan keluarga (Posdaya) merupakan program yang sudah banyak dipakai oleh negara lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis keluarga.

“Dengan terbentuknya Posdaya di Kabupaten Muara Enim, kami harap dapat mendukung pencapaian MDGs dan naiknya indeks pembangunan manusia (IPM). Kami ingin ada sinergi antara perusahaan dengan masyarakat,” katanya.

Ditambahkannya, terdapat 4 bidang kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility / CSR) yang akan diimplementasikan dalam Posdaya, yaitu ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

Menurut Milawarma, untuk bidang ekonomi, kehadiran Posdaya diharapkan juga dapat mendukung efisiensi biaya produksi perusahaan karena pihaknya tidak perlu membeli perlengkapan kantor dari luar Tanjung Enim.

“Misalnya untuk makanan, selama ini kami ‘mengimpor’ makanan dari luar Tanjung Enim. Jika ada Posdaya yang menjual berbagai makanan maka dapat memasok ke perusahaan sehingga bisa memangkas biaya operasional dan menjadi lebih efisien,” paparnya.

Adapun Posdaya yang diresmikan tersebut yaitu, Posdaya Tegal Sekawan di Desa Tegal Rejo, Posdaya Bara Mulyo di Desa Sido Mulyo, Posdaya Kasambara di Desa Karang Asam, Posdaya Bataesra di BTN Air Paku, Posdaya Margo Mulyo di Desa Tegal Rejo, Posdaya Tegal, Posdaya Barokah di Desa Tegal Rejo, Posdaya Tegal Wangi di Desa Tegal Rejo semuanya berada di Kecamatan Lawang Kidul. Sementara di Kecamatan Tanjung Agung ada dua Posdaya yakni, posdaya Kembang Kapas di Desa Pulau Panggung dan  Posdaya Dayang Utik di Desa Tanjung Lalang.

Sementara itu, SM CSR PTBA Danang Sudira Raharja menambahkan, Posdaya ini dibentuk disetiap RW. Menurutnya, Posdaya Muaraenim ini, merupakan yang kedua di Sumsel setelah Palembang. “Untuk kegiatan lain, misalnya dibidang kesehatan, jika posdaya mendatang disuatu daerah butuh fasilitas kesehatan, PTBA bisa menyediakan mobil kesehatan keliling. Bidang lingkungan dengan penghijauan dan lainnya,” tutur Danang.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar menyambut baik posdaya yang dibentuk PTBA bersama dengan IAIN Raden Fatah Palembang. “Kita berharap program ini akan semakin maju dan berkembang, karena dikelola dan dibimbing oleh para mahasiswa KKN IAIN Raden Fatah Palembang yang telah kompeten dibidangnya,”ujarnya.

TEKS : SISWANTO

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster