Awal September Pelabuhan TAA Operasi

 348 total views,  2 views today

tanjung-api

Pelabuhan Tanjung Api-api Banyuasin Sumatera Selatan

BANYUASIN/KS-Kabar baik buat warga Banyuasin khususnya warga yang ada di sekitar lintas jalan Tanjung Api-api. pasalnya tidak lama lagi jalan pelabuhan tersebut akan diaktifkan sehingga akses jalan menuju pelabuhan akan ramai sehingga berpeluang untuk mendirikan usaha.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), Banyuasin, Supriyadi mengatakan pelabuhan TAA akan segera dioperasionalkan pada 2 September mendatang.

“Berdasarkan rapat kordinasi terakhir yang dilakukan bersama dengan pemerintah provinsi (Pempro) diketahui jika operasional TAA paling lambat akhir tahun,” ucap Supriadi, Kamis  (11/7).

Menurutnya, dioprasikannya pelabuhan  TAA merupakan upaya mengantisipasi kepadatan di pelabuhaan 35 Ilir Palembang. Bahkan, pelabuhan TAA yang baru akan melayani rute Palembang-Mentok Bangka sudah pernah dilakukan proses uji coba pengoperasionalan.

“Memang akan dioperasionalkan lebih awal, September akan beroperasi. Saat ini saja, pelabuhan 35 Ilir udah penuh. Karena itu lebih cepat dipindahkan, akan lebih baik. Saat ini, upaya persiapan penyebrangan terus dilakukan,” katanya.

Disinggung mengenai kondisi jalan yang rusak, dia mengatakan upaya perbaikan terus dilakukan. Beberapa titik jalan yang rusak terus dilakukan pengerasan jalan. Titik-titik kerusakan menuju pelabuhan tengah dilakukan. Kerusakan jalan cendrung lebih banyak ditemui pada titik-titik awal jalan poros menuju pelabuhan TAA.

“Jika pelabuhan diopersionalkan lebih dulu,tentu pihak PU akan segera melakukan perbaikan jalannya. Tapi jika menunggu Dinas PU melakukan perbaikan, operasional TAA pasti akan molor terus,” ungkapnya.

Supriyadi mengatakan untuk pengoperasionalan TAA, pemerintah juga menyiapkan empat armada bis Damri non ekonomi untuk mengangkut penumpang dari km 12 menuju dermaga TAA. Bis-bis tersebut akan beroperasi penuh sesuai dengan jadwal keberangkatan kapal.

“Kita upayakan ada tambahan armada lain,untuk lokasi-lokasi yang belum terjamah dengan armada yang akan disediakan,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed mengatakan pengoperasionalan pelabuhan menjadi keinginan banyak pihak. Berbagai imbas positif bagi pembangunan di Banyuasin akan terasa jika TAA dioperasionalkan.

Tapi kendala utama pengoperasionalan disebabkan karena kondisi jalan poros TAA. Pemerintah kabupaten (Pemkab), Banyuasin tidak bisa melakukan proses pembangunan terhadap jalan poros TAA tersebut dikarenakan status jalan merupakan jalan negara.

“Meski demikian, penertiban kendaraan bertonase dan perbaikan jalan yang menjadi jalan kabupaten tetap diprioritaskan,” tukasnya.

 

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster