Pencairan PKH Triwulan Kedua Kuota Menurun

 49 total views,  3 views today

pkhPALEMBANG, KS-Sejak kemarin (10/7), warga Kota Palembang sudah dapat mencairkan bantuan program keluarga harapan (PKH) di semua kantor pos di Kota Palembang. Jadwal pencairan ini, direncanakan selama tujuh hari.

Untuk pencairan PKH triwulan kedua ini menurut Wakil Kepala PT Pos Merdeka, Ferdian Saputra, penerimanya sebanyak 13.785 rumah tangga sangat miskin (RTSM).

Sementara pada triwulan pertama, penerimanya sebanyak 13.884 RTSM. Meskipun ada pengurangan kuota penerima PKH, tetapi jumlah uang yang diterima peserta, justru lebih besar.

“Jumlah uang yang diterima memang naik,  saya tidak tahu kenapa. Mungkin karena ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Namun untuk kuota penerima justru menurun. Saya tidak tahu apa alasannya, karena yang tahu cuma pendamping PKH,” kata Ferdian dibincangi, kemarin.

Ferdian menyebut, total dana yang akan dibayarkan pada peserta dalam triwulan kedua ini sebanyak Rp9 miliar, sementara sebelumnya hanya berjumlah Rp4 miliar.

Dari semua kecamatan di Palembang, Gandus menurut Ferdian menjadi kecamatan terbanyak penerima PKH.  “Bantuan ini, sejak hari ini (Rabu) sudah bisa dicairkan di 26 kantor pos di Palembang yakni Kantor Pos Merdeka, Tangga Takat, Plaju, Sekip, Kertapati, Sungai Rendang, Alang-Alang Lebar, dua kantor pos di Kenten, Kapt. Rivai, Sekojo, Sungai Buah, Talang Ratu, Perumnas dan kantor pos lainnya,”jelasnya.

Untuk mencairkan dana PKH itu, penerimanya harus membawa kartu peserta PKH dan mengisi formulir pengambilan giro. Formulir pengambilan giro ini, kemudian harus ditandatangani oleh pendamping PKH.

“PKH ini khusus untuk ibu rumah tangga saja, selain itu ketika pengambilan atau pencairan harus ada pendamping,”tukasnya.

Sebagai informasi, PKH adalah program yang dilaksanakan Kementrian Sosial (Kemensos). Program ini memberikan bantuan tunai bersyarat kepada RTSM, yang telah ditetapkan sebagai peserta PKH.

Agar memperoleh bantuan, peserta PKH diwajibkan memenuhi persyaratan dan komitmen yang terkait dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), yaitu pendidikan dan kesehatan.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com