Pemkab Lahat Siap Majukan Sektor Pertanian

 141 total views,  2 views today

Wari-bantu-alat-pertanian

Wari Bantu Alat Pertanian | Dok KS

Lahat | KS-Keberpihakan dan dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Lahat yang cukup nyata terhadap pembangunan pertanian khususnya dalam menunjang program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) di kabupaten yang berjuluk Bumi Seganti Setungguan terus ditunjukkan oleh Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE.

Pemkab Lahat melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) pada tahun 2013 ini, telah memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa Hand Traktor sebanyak 5 unit, Power Thereser sebanyak 2 unit, dan Rice Milling Unit (RMU) sebanyak 6 unit.

Bantuan yang diberikan oleh Dinas TPH tersebut dibagikan sebanyak 13 Kelompok Tani di 6 Kecamatan Kabupaten Lahat, Rabu (10/7).

“Ini sebagai upaya dalam mendukung peningkatana produksi beras nasional (P2BN) dan merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dalam meningkatkan P2BN,” terangnya

Kepala Dinas Tanaman dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Lahat, Ir Agustia Budiman MM mengharapkan, dengan bantuan Alsintan yang diberikan tersebut diupayakan para petani bisa meningkatkan produksi beras di Kabupaten Lahat. Apalagi menurutnya, target surplus peningkatan beras nasional pada 2014 mendatang bisa terlaksana sebesar 10 juta ton.

“Karena itulah, kita (TPH- red) membantu para petani dengan memberikan alat dan mesin pertanian. Selain itu juga, dengan bantuan tersebut diharapkan dapat menambah semangat dan kinerja masyarakat tani dalam melaksanakan kegiatan usahanaya ke arah yang lebih baik. Sehingga apa yang diharapkan oleh pak Bupati Lahat melalui Pemkab Lahat, kiranya dapat mewujudkan,” pungkasnya.

Dimana bantuan tersebut diantara lain adalah Hand Traktor diberikan kepada Koptan yang berada di Desa Siring Agung Kecamatan Pagar Gunung, Desa Lubuk Dendan Kecamatan Mulak Ulu, Desa Tebing Tinggi Kecamatan Mulak Ulu, Desa Tanjung Raja Kecamatan Gumay Ulu dan Desa Muara Cawang Kecamatan Tanjung Sakti Pumu. Sedangkan untuk Power Thereser Koptan yang dibantu, seperti Desa Gedung Agung Kecamatan Kota Agung, Desa Sangkuang Mulak Ulu.

Teks / Foto : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster