PDAM Jamin Distribusi Air Lancar

 30 total views,  3 views today

PALEMBANG, KS-Selama bulan suci ramadhan sampai hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah mendatang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang menjamin distribusi air bersih ke pelanggan akan lancar.

Direktur Teknik PDAM Tirta Musi, Stephanus mengatakan saat ramadhan, kebutuhan air bersih dipastikan bertambah terutama saat sahur dan berbuka puasa. Karenanya kata Stepanus, PDAM memastikan tidak akan ada gangguan distribusi air ke pelanggan.

“Pada bulan puasa kebutuhan air bersih masyarakat, biasanya melebihi seperti hari-hari biasa. Makanya kami,  juga meningkatkan pelayanan agar masyarakat lebih tenang untuk ibadah puasa,”janji Stepanus ketika dibincangi, kemarin di ruang kerjanya.

Agar distribusi air tidak terganggu, sebelum ramadhan, PDAM sudah melakukan pencucian pipa air baku di unit Rambutan yang bertujuan untuk menambah kuantitas, sehingga volumenya bertambah.

“Alhamdulillah unit tersebut bertambah volumenya 200 meter kubik per jam. Sebelumnya hanya 3100 meter kubik per jam, sekarang menjadi 3300 meter kubik per jamnya,”terangnya.

Selain itu sambung Stephanus, untuk kawasan 3 Ilir ada penambahan volume air sekitar 150 meter kubik per jam. Disamping penambahan volume air, PDAM juga sebut Stepanus melakkan pengecekan mulai dari intake, unit pengolahan sampai pompa distribusinya.

“Misalnya di Intake Karang Anyar sudah di stand by kan pompa, saat ini sudah dalam kondisi yang baik, karena sudah dilakukan perbaikan untuk persiapan satu bulan kedepan. Sedangkan di Intake Karang Anyar, pompanya ada 16 unit, dengan rincian penyaluran Polygon 2 unit, Karang Anyar 5 unit, dan 3 Ilir  sebanyak 3 unit serta Rambutan ada 6 unit,”terangnya.

Tahun lalu sambungnya, pihaknya tidak menemui kendala selama ramadhan. Hanya pompa saja yang hancur, di akibatkan musim kemarau dan permintaan air yang tinggi.

Dari pengalaman itulah jelas Stepanus, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan meningkatkan volume air melalui pembersihan intake. “Kita berharap tahun ini, juga tidak ada kendala dalam distribusi air ke pelanggan selama ramadhan. Kalau pun ada kendala, kita sudah menyiagakan satuan tugas (satgas) untuk mengatasi kendala itu,” tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com