Pinjam Buku Lewat Internet

 172 total views,  3 views today

bukuPALEMBANG | KS-Badan Perpustakaan (Banpuska) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersiap menerapkan sistem antar lokasi melalui internet. Program ini sudah direncanakan sejak dua tahun lalu. Bisa diknikmati siswa di awal September 2013 mendatang.

Drs Suhana, Kepala Banpuska Sumsel saat ditemui Harian Umum Kabar Sumatera, Selasa (9/7) di ruangannya berkata, persisnya 14 September 2013 akan ada launching program tersebut atau bersamaan dengan Hari Pengunjung Perpustakaan.

“Rencananya program ini dimulai pada awal September sampai Desember 2013 mendatang. Itu juga baru uji cobanya saja,” cetus Suhana.

Kata Suhana, untuk saat ini program tersebut masih dalam proses pencocokkan data yang berada di server dengan yang ada di rak. Serta mengecek buku-buku yang rusak yang perlu diganti.

“Makanya khusus peminjaman buku untuk sementara ditiadakan dulu,” katanya singkat.

Lanjut Suhana, pogram antar lokasi ini sekaligus juga bisa memesan buku melalui  internet. Saat mereka daftar di www.banpuska.co.id, nantinya akan memiliki fasword.

“Nanti ada dua pilihan, ingin mengambil sendiri atau di antar kerumahnya. Jika OK nanti server Banpuska akan menjawab. Untuk satu orang dapat meminjam maksimal tiga buku,” ujarnya.

Walau begitu, kata Suhana, tiap peminjam ada batasan-batasan seperti batasan wilayah. Untuk sementara, berhubung dalam tahap uji coba hanya lingkup Kota Palembang saja.

“Antaralain Plaju, Kertapati, Jakabaring, OPI, Perumnas, Simpang Merah, dan kawasan Poligon,” katanya.

TEKS:AMINUDDIN.EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com