4 Kabupaten/Kota di Sumsel Berebut Jadi Tuan Rumah

 843 total views,  2 views today

Stadion-Bumi-Sriwijaya

Ilst Stadion Bumi Sriwijaya

PALEMBANG | KS-Demi terpilih menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI 2014, empat Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan (Sumsel), Lubuk Linggau, Prabumulih, Muara Enim, Musi Banyuasin (Muba) siap bersaing.

Demikian yang diungkapkan Wakil Ketua Umum V Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Dhenie Zainal. Dia mengatakan, hingga saat ini empat Kabupaten/Kota tersebut sangat ngebet dan berharap dapat terpilih sebagai tuan rumah pengelenggara.

“Hingga saat ini sudah ada empat kabupaten/kota yang membuat surat resmi bersedia menjadi tuan rumah Porprov Sumsel, yakni Kota Lubuklinggau, Kota Prabumulih, Kabupaten Muaraenim, dan Kabupaten Musi Banyuasin,” ungkap Dhenie Zainal.

Dengan adanya empat kabupaten/kota yang telah menyatakan siap ini, dia menjelaskan jika menyambut baik antusias. Dhenie sendiri mengemukakan, KONI Sumsel telah melakukan pantauan ke kabupaten/kota yang mengajukan untuk menentukan tuan rumah ajang olahraga tiga tahunan tingkat daerah itu.

“Tiga kabupaten/kota sudah dipantau. Hanya Muba saja yang saat ini belum kita kunjungi dan rencananya segera menyusul, mengingat KONI Sumsel harus segera membuat keputusan terkait persiapan masing-masing daerah,” ujarnya.

Untuk kepastian, Dhenie mengatakan jika penetapan penyelenggara Porprov akan ditentukan pada rapat koordinasi bersama seluruh anggota KONI Sumsel. Pastinya dengan berbagai macam pertimbangan.

“Dalam rapat koordinasi akan dipaparkan hasil dari peninjauan sehingga para anggota dapat membuat suatu kesimpulan mengenai kabupaten/kota yang layak menjadi tuan rumah,” katanya.

Terkait dengan pemantauan di tiga kabupaten/kota, ia tidak menyangkal bahwa Kabupaten Muara Enim terbilang paling siap. Kabupaten itu telah memiliki sebuah stadion sepak bola dan sedang membangun sebuah stadion akuatik dengan didanai PT Bukit Asam sebagai sponsor.

“Sementara Lubuk Linggau juga menunjukkan keseriusannya. Akan tetapi ditinjau dari segi fasilitas olahraga masih kalah dibandingkan Muara Enim. Namun diakui Lubuk Linggau tetap memiliki nilai plus dalam akomodasi karena memiliki hotel yang baik serta daerah pariwisata,” ujarnya.

Sebagai informasi, Sumsel menggelar Porprov untuk persiapan mengikuti Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Bangka Belitung tahun 2015. Ajang tingkat daerah ini cukup bergengsi karena menjadi bukti kemajuan olahraga di suatu kabupaten/kota.
TEKS: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster