Waspada, Daging Celeng Beredar

 955 total views,  2 views today

babi

Ilustrasi Babi / ist

PALEMBANG, KS-Menjelang bulan ramadhan, permintaan daging meningkat. Hal ini dimanfaatkan pedagang nakal untuk mencari keuntungan, dengan mencampur daging celeng dengan daging sapi.

Karenanya Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Kota Palembang menghimbau, masyarakat untuk waspada beredarnya daging celeng di pasaran. Kepala DP2K Kota Palembang, Sudirman Tegoeh menyebut bercampurnya daging celeng dengan daging sapi sangat mungkin terjadi saat ini.

Sebab ditengah tingginya permintaan, ada pedagang nakal yang mencoba menarik keuntungan besar dengan cara mencampur daging sapi dengan daging celeng. “Masyarakat diharapkan lebih waspada, jangan mudah tergiur dengan harga murah. Karena biasanya mereka penjual yang tidak bertanggung jawab tersebut, menjual dengan harga yang murah,”kata Sudirman, kemarin.

Harga daging saat ini menurut Sudirman berkisaran Rp105 ribu per kilogram (kg), nah jika  ada pedagang yang menjual daging dibawah harga itu maka patut dicurigai.

Untuk melindungi masyarakat, DP2K sebut Sudirman sudah membentuk tim satuan tugas (satgas) untuk memantau daging sapi ini di pasaran. Selain itu, DP2K juga akan melakukan razia di pasar-pasar tradisional.

Masyarakat pun diharapkannya, membeli daging pada pedagang resmi. “Maksudnya, jangan membeli daging di pedagang emper-emperan, belilah di pedang resminya yang ada di pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Palembang ini,”himbaunya.

Sudirman juga menjelaskan, tidak hanya daging sapi yang rawan di oplos namun juga daging ayam. Biasanya pedagang nakal, untuk menarik keuntungan besar menjual ayam yang sudah mati atau bangkai ayam.

Sementara itu untuk mengantisipasi harga daging terus meroket, DP2K meminta masyarakat tidak membeli daging secara borongan. Karena hal itu sebutnya, bisa memicu kenaikan harga.   “Jangan panic buyying, karena jika stok terbatas maka harga pun akan tinggi, itu sudah merupakan hukum pasar,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster