Timsel Jamin tak Ada Calon Titipan

 293 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Tim seleksi (timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) menjamin, tidak ada calon titipan sehingga mendapatkan perlakuan khusus dalam seleksi calon komisioner KPU Sumsel, yang tengah berjalan saat ini.

Sekretaris Timsel, Ardyan Saptawan menerangkan, hingga saat ini pihaknya tengah menunggu hasil pemeriksaan kesehatan terhadap 166 peserta seleksi calon komisioner KPU Sumsel periode 2013-2018, yang digelar di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara, Palembang, Jumat (5/7) lalu.

Hasilnya, menurut Ardiyan, baru akan diterima timsel, dari tim dokter, pada 9 Juli, nanti. Selanjutnya, timsel akan menggelar tahapan seleksi psikologis selama 10 hari yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu seleksi tertulis psikologis, yang akan digelar pada 10 Juli, kemudian seleksi wawancara psikologis pada 11-15 Juli, dan diakhiri dengan seleksi diskusi kelompok terarah, yang akan dilakukan pada 16-19 Juli, nanti.

Kemudian, pada 20-22 Juli nanti menurut Ardiyan, timsel yang terdiri dari lima orang, masing-masing DR Febrian (Ketua), Ardiyan Saptawan (Sekretaris), Prof Amin Suyitno, Eti Gustina dan Intan Meutia (anggota), akan melakukan pengolahan data untuk mendapatkan penilian terhadap seluruh hasil tahapan seleksi yang telah digelar.

“Hasil penilaian timsel, yang diambil, dengan mengacu pada standarisasi penilaian inilah, yang nantinya akan diumumkan untuk mendapat tanggapan dari masyarakat pada 23-27 Juli, mendatang,” kata Ardiyan.

Ardiyan menjamin, penilaian yang diberikan pihaknya itu murni berdasarkan nilai-nilai yang diraih para pendaftar calon komisioner KPU Sumsel periode 2013-2108 ini, berdasarkan seluruh tahapan seleksi yang telah dilalui, dengan se-objektif mungkin.

“Timsel akan berupaya sermaksimal mungkin, untuk memberi penilaian yang objerktif. Tak ada sistem jatah, dan tak melayani rekomendasi dari kelompok atau kekuatan politik apapun, tak ada perlakukan khusus untuk kelompok-kelompok tertentu,” papar Ardiyan.

Selanjutnya, nama-nama para calon komisioner KPU Sumsel periode lima tahun mendatang, yang dianggap memenuhi kriteria penilaian akan di umumkan untuk mendapat tanggapan masyarakat.

Mereka inilah sebut Ardiyan, yang akan mengikuti tahapan seleksi wawancara lanjutan yang bahannya sendiri didapat timsel dari hasil tanggapan-tanggapan masyarakat yang masuk ke timsel, sepanjang 23-27 Juli itu.

“Hasil seleksi wawancara lanjutan itulah, yang menjadi acuan timsel untuk memutuskan 10 nama bakal calon komisioner KPU Susmel periode lima tahun mendatang, yang akan direkomendasikan timsel, untuk di uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh KPU pusat, hingga menghasilkan lima nama komisioner KPU Susmel periode 2013-2018, nantinya,” tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster