Palembang B Juara Sepak Takraw Old Star 2013

 360 total views,  2 views today

Palembang-B-Juara-Sepak-Takraw-Old-Star-2013

Tim Palembang B Juara Sepak Takraw Old Star 2013 | Dok KS

PALEMBANG | KS-Tim Palembang B akhirnya keluar sebagai juara Kejuaraan Daerah (Kejurda) Sepak Takraw Old Star Gubernur Cup I 2013. Setelah pada partai puncak, Palembang B mengalahkan tim Banyuasin.

Pada Kejurda yang berlangsung di lapangan olahraga Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), Sabtu (6/7), penampilan apik tim yang diperkuat Safril Chan, Supriyanto dan Mawarno ini sejak awal penyisihan terus dipertahankan hingga partai puncak.

Meski sudah tergolong ‘Oldstar’ (sudah tidak muda lagi) namun skill yang mereka masih terlihat jelas, sisa-sisa kemampuan tidak kalah dengan para atlet yang usianya saat ini lebih jauh dibandingkan mereka.

Menempatkan Supriayanto disektor apit kiri, smash-smash mematikannya terbukti menjadi senjata ampuh dalam usaha mencari poin, dari penyisihan hingga menuju ke fase akhir, dimana Safril Chan Cs bersua Banyuasin yang diperkuat Islah Taufik Effendy, Soistiqlal dan Solikin sebagai pemain oncak.

Namun, lagi-lagi, aksi pelatih Takraw Sumsel ini membuat Islah Cs kalah 0-2. Hal ini membuat Palembang B keluar sebagai juara dan berhak atas trofi Gubernur 2013. Sementara Banyuasin puas duduk di peringkat kedua yang diikuti Ogan Ilir sebagai juara ketiga Palembang B menjadi juara empat.

Ketua Harian Sriwijaya Takraw Club (STC) yang juga Sekretaris Umum Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Sumatera Selatan (Sumsel), Islah Taufik Effendy mengatakan, pada turnamen yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-3 STC tak hanya sebagai ajang olahraga.

Lebih dari itu, pada ajang yang mempertemukan kembali para mantan atlet Sumsel dijadikan sebagai ajang mempererat silaturahim antar pelatih dan pemain sekaligus sebagai ajang reuni teman lama.

Sebab, dengan rata-rata atlet takraw Sumsel yang mempunyai kesibukan padat, mengingat rata-rata sudah bekerja baik di instansi pemerintahan maupun swasta, serta menjadi pengusaha.

“Jadi jebolan dari takraw tak hanya menggeluti profesi sebagai pelatih saja seusai mereka pensiun. Banyak yang beralih profesi dibidang lain seperti di isntansi pemerintahan, pengusaha, polisi maupun yang menjadi TNI,” kata Islah.

Dengan fakta seperti itu, ketika para mantan atlet ini kembali berkumpul, maka diharapkan dapat memberikan motivasi serta semangat kepada anak-anak muda agar tidak ragu menggeluti olahraga ini.

“Fakta bisa kita lihat. Tak ada yang tersia-sia mereka yang memilih olahraga takraw. Tak sedikit dari para atlet banyak ini menjadi orang sukses,” jelas calon anggota DPRD Sumsel Dapil Banyuasin ini .

Selanjutnya, Islah mengatakan, ajang ini bertujuan sebagai evaluasi bagian tim secara keseluruhan 2014 nanti, dimana STC akan menyelenggarakan kejuaraan serupa pada tingkat nasional antar Oldstar.

“Di tahun 2014 nanti, kita akan adakan ide untuk menyelenggarakan turnamen sepak takraw antar Old Star ditingkat Nasional. Mudah-mudah dengan apa yang kita gelar sekarang dan menjadikan ajang serupa pada tingkat yang lebih tinggi dapat berlangsung sukses,” harapnya.

Senada dengan Islah, Ketua PSTI Sumsel, Hendri Zainuddin juga mengharapkan kesuksesan turnamen sepak takraw tak hanya berhenti sampai pada tingkat daerah saja. Lebih dari itu, Hendri juga menginginkan kesuksesan pada tingkat nasional.

“Pastinya kita tidak ingin sukses pada tingkat daerah saja. Sebab kita berhasrat kejuaraan serupa juga sukses pada tingkat yang lebih tinggi,” terangnya.
Pemenang Kejurda Sepak Takraw Oldstar Gubernur Cup I Tahun 2013:

Juara I        Palembang B
Juara II  Banyuasin
Juara III Ogan Ilir
Juara IV  Palembang A
TEKS/FOTO: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster