Hari Jadi Meranjat Jatuh Pada 1 Juni 1601

73 total views, 3 views today

hari-jadi-Meranjat

Katua FKPPM dan TPF, H. Endang PU Ishak, saat memebrikan sambutan.| Dok KS

INDERALAYA,KS-Penantian panjang masyarakat Kabupaten Ogan Ilir (OI), khususnya warga Desa Meranjat, Kecamatan Indralaya, Kabupaten OI untuk mengetahui secara pasti hari, bulan dan tahun kelahiran Desa Meranjat terjawab sudah.

Dimotori Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Meranjat (FKPPM),  OI sekaligus Ketua Tim Pencair Fakta (TPF), hari jadi Desa Meranjat, H Endang PU Ishak, beserta tim lainnya, akhirnya melalui diskusi dan pencarian bukti, serta melalui rapat pleno memutuskan bahwa  hari jadi Desa Meranjat jatuh pada tanggal 1 Juni 1601.

Ketua FKPPM sekaligus Ketua TPF OI H Endang PU Ishak, Minggu (7/7) mengatakan, hasil rapat umum Musyawarah Desa (Musda), FKPPM – TPF hari jadi Desa Meranjat, yang berlansgung Sabtu (6/7), lalu yang  berakhir pukul  17.15 WIB dengan keputusan bersama yaitu pada  1 Juni 1601.

“Alhamdulillah, setelah penantian panjang, akhirnya semua yang ditunggu-tunggu untuk menegtahui hari jadi Desa Meranjat terjawab sudah. Dan ini diakui oleh semua berdasarkan rapat pleno,” ujarnya.

Dalam menetukan hari jadi, sambung H. Endang, FKPPM telah membentuk TPF  pada 4 Januari-4 Juli. Anggota TPF dibagi dalam tiga zona, dimana dalam satu zona berjumah 34orang.

“Untuk zona I meliputi pencarian bukti di Meranjat dan sekitarnya yang diketuai Yakub Ishak. Untuk zona II yakni di luar Meranjat dalam Sumatera Selatan (Sumsel), diketuai Sahrir Muhammad dan zona III yaitu di luar Sumsel dan Pulau Jawa diketuai oleh Abubbakarudin M. Teguh. Alhamdulillah mereka solid dan bisa bekerja dengan baik,” tuturnya.

Ia menambahkan, dalam proses pencarian data-data. Ada beberapa masukan. Ada yang menyebutkan tahun kelahiran Meranjat yakni 1956. Setelah rapat pleno ke akhirnya dikerucutkan yakni pada tahun 1601. “Selanjutnya ada 20 hari uji publik untuk menerima masukan, kemudian akhirnya menetapkan tanggal dan bulan,” kata Endang yang juga Nyaleg dari Dapil 1 Partai Golkar ini.

Menurutnya, sangat penting untuk mengetahui lahirnya Desa Meranjat, karena  sebagai sarana memperat persaudaraan, momentum,  pembelajaran sejarah. Yang terpenting yakni menjawab kapan tepatnya berdirinya Meranjat dan pengakuan pemerintah, sebagai bentuk pengembangan budaya
“Meranjat inikan dulunya marga membawahi 13desa. Ini wilayah paling tua di OKI, sebelum pemekaran sekarang OI. Kita 4 Mei lalu pleno, merumuskan 3 hasil rumusan TPF, dilihat dari bukti dan lampiran. Yang jelas diperkirakan kelahirannya tahun 1601, jadi hari ini kita tetapkan tanggal bulan dan tahunnya dan Alhamduliilah terjawab. Setelah terjawab ini belum selesai, karena bagai mana nanti kita memberikan mensosialisasikan kepada generasi muda dan yang penting melestarikan budaya,” jelas H. Endang yang mengaku bangga menjadi bagian dari sejarah penentuan hari jadi Meranjat.

Kegiatan tersebut dihadiri 500orang, juga dihadiri Asisten 1 H Herman, mantan Kakanwil Sumsel Mal’an Abdullah, mantan Wawako Palembang Tolha hasan, Hj Nurhana latif rais, Pembarab H Sofian hamid dan tokoh masyarakat, adat lainnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com