Harga Gula Tetap Stabil

 156 total views,  2 views today

gula

Ilustrasi Gula / net

PALEMBANG, KS-Memasuki H- 1 bulan ramadhan, permintaan gula pasir di Palembang relatif normal. Kebutuhan gula pasir di kota empek-empek ini setiap bulannya menurut Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palembang, H Yustianus, sekitar 2000-3000 ton setiap bulannya.

Menurut Yustianus, berdasarkan pengalaman pihaknya tahun-tahun sebelumnya biasanya  harga gula pasir ini menjelang puasa naik cukup tinggi. “Namun saat ini, harganya masih normal,” kata Yustinus ketika dibincangi di ruang kerjanya, kemarin.

Ia menjelaskan, stok gula di metropolis masih mencukupi untuk  memenuhi kebutuhan masyarakat selama ramadhan. Stok gula pada Juni di pasaran, mencapai 2000 ton. Sementara hargaya, berkisaran Rp12.500 per kilogram (kg) sampai Rp13.000 per kg.

Selain gula, harga minyak goreng juga relatif normal antara Rp12.000-Rp13.000 per liter untuk yang kemesan. Sedangkan minyak goreng curah, per liternya antara Rp8500 sampai Rp10.000. Sementara untuk kebutuhan perbulannya, mencapai 3000 ton. Untuk kebutuhan lainnya seperti kacang kedelai, Palembang membutuhkan 50 ton perhari.

Namun ada juga komoditas lain sebut Yustinus, yang mengalami lonjakan harga diantaranya daging, ayam potong, telur, bawang merah dan cabai merah kriting.  “Namun, untuk harga sayur mayur tidak bisa di prediksi. Karena harga sayur mayur tersebut, bisa dengan cepat mengalami perubahan. Hari ini dengan besok harganya belum tentu sama,”ucapnya.

Lalu apa upaya pemerintah, untuk menekan harga komoditas tersebut ?, Yustinus menyebut, Disperindagkop bersama instansi lain akan melakukan operasi pasar (OP). Dengan cara begitu diharapkan, kenaikan harga bisa ditekan.

“Ketika permintaan tinggi, otomatis harga juga akan naik. Itulah hukumnya, Namun untuk menghindari hal tersebut kami akan lakukan OP. Jika ditemukan pedagang yang menjual di atas rata-rata, segera akan kami tegur,”janjinya.

Teks    :Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster