Hanura Sumsel Bantah Ada Perpecahan

 161 total views,  2 views today

hanura

Ilst.

PALEMBANG, KS-Deklarasi Wiranto-Harry Tanoesoedibjo (HT) sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) oleh Partai Hanura, berimbas dengan perpecahaan di internal kader partai itu. Sinyalemen adanya perpecahan itu terlihat dari stetmen yang disampaikan salah satu pendiri Partai Hanura, Fuad Bawazier.

Namun hal itu dibantah oleh Ketua DPD Partai Hanura Sumatera Selatan (Sumsel), Arkoni MD. Ia menyebut tidak ada  faksi-faksi yang muncul di internal Hanura, mulai dari tingkat pusat hingga daerah terkait deklarasi pencalonan Wiranto-HT ini.

Justru kata Arkoni, yang ada sebuah motivasi baru untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik dengan adanya deklarasi pasangan capres-cawapres dari Hanura.

“Perbedaan pendapat di tingkat pusat itu, hanyalah bagian kecil dari proses berdemokrasi partai menuju ke arah yang lebih baik. Kami di Sumsel, menyambut baik pencalonan Wiranto-HT itu dan siap mendukung penuh untuk mewujudkannya,” kata Arkoni yang dihubungi, kemarin.

Kader Hanura Sumsel jelasnya, menyambut baik dan siap mendukung penuh keputusan DPP Partai Hanura yang telah mendeklarasikan pasangan Wiranto-HT itu.  Untuk memuluskan pencalonan itu karenanya Hanura Sumsel sebutnya, menargetkan setidaknya di setiap daerah pemilihan (dapil) Hanura bisa merebut satu kursi.

Saat ini kata Arkoni, Hanura hanya mempunyai empat kursi di DPRD Sumsel. Ia yakin di pemilu 2014 mendatang, Hanura bisa menempatkan setidaknya 10 kader mereka di DPRD Sumsel.

“Dengan cara ini, kami yakin bisa memudahkan pencalonan Wiranto-HT sebagai capres-cawapres pada pilpres 2014 mendatang. Kami juga yakin, bisa memberikan kontribusi signifikan untuk pencalonan Wiranto-HT pada pilpres mendatang,”ungkapnya.

Terpisah Wakil Sekretaris Dewan Sosial DPP Ormas Persatuan Indonesia (Perindo),Fauzih H Amro mengatakan, perbedaan pendapat yang muncul pasca deklarasi pasangan Wiranto-HT lalu merupakan hal wajar terjadi di internal sebuah partai politik.

Hal itu jelas mantan Ketua DPW Partai Bintang Reformasi (PBR) Sumsel ini, merupakan kewajiban dari pengurus inti Partai Hanura. Ia yakin, Wiranto sebagai ketua umum bisa menyelesaikan persoalan itu.

“Pastinya, Hanura dan Perindo telah menjadi satu, untuk mewujudkan target 20% parliamentary threshold (PT) agar dapat merealisasikan mengusung pasangan Wiranto-HT ini sebagai capres-cawapres 2014, mendatang,” kata Fauzih H Amro, yang juga bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Hanura untuk DPR-RI dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel 1, yang meliputi wilayah Kota Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Musi Rawas (Mura) dan Lubuklinggau ini.

Karenanya, tak hanya menargetkan perolehan kursi minimal satu kursi untuk tiap dapil di Sumsel, Fauzih H Amro, yang memastikan telah memetakan kekuatan yang mampu dihimpun Hanura bersama Perindo, pada pemilu nanti di Sumsel, meyakini, target menduduki posisi tiga besar perolehan suara terbanyak di Sumsel, bagi Hanura, adalah target yang mesti dicapai.

“Bagi Perindo, pasangan Wiranto-HT adalah harga mati. Karenanya, Perindo bersama Hanura, di Sumsel, akan memaksimalkan segenap peluang yang ada, demi tecapainya target Hanura menjadi tiga besar di Sumsel, pada pemilu nanti,” tukas Fauzih pula.

Terpisah, pengamat politik Universitas Sriwijaya (Unsri), Ardiyan Saptawan mengatakan, pada dasarnya Hanura telah memiliki dua modal untuk memenangkan baik pertarungan pada pemilu maupun pilpres nantinya.

Faktor figur yang kuat, yang hingga saat ini, menurut Ardiyan, masih menjadi salah satu alasan terbesar bagi pemilih di Indonesia, untuk menentukan pilihannya, telah dimiliki oleh pasangan Wiranto-HT, selain modal utama, bagi Hanura yaitu, tak satupun kader partai ini yang duduk di parlemen yang tersangkut masalah korupsi.

“Dua modal utama inilah, yang mesti dikemas oleh Hanura menjadi satu jargon yang menarik untuk mendapatkan hasil yang signifikan pada pemilu maupun pilpres mendatang,”tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster