Perpanjangan Tugas KPU Sumsel Ditolak

 228 total views,  2 views today

kpuPALEMBANG, KS-Sekitar 15 massa yang menamakan dirinya Forum Anak Bangsa Pengawal Demokrasi (FABPD), melakukan aksi damai di Bundaran Air Mancur depan Masjid Agung Palembang, Jumat (5/7).

Mereka menolak Surat keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang memperpanjang  masa tugas komisioner KPU Sumsel. Alasannya kata koordinator aksi (korak), Meryan Padriyanto,  KPU Sumsel yang seharusnya independen dan mampu menampung semua aspirasi ternyata tidak menjalankan fungsinya.

Bahkan kata Meryan, komisioner KPU Sumsel menggunakan kewenangannya melebihi dari apa yang ditetapkan oleh KPU RI berdasarkan SK Perpanjangan massa keanggotaan nomor:441/Kpts/KPU/2013.

“Masa keanggota KPU Sumsel berakhir 4 Juni 2013, sementara Pemilukada Sumsel 6 Juni. Dengan dasar inilah, maka masa keanggotaan KPU diperpanjang hanya untuk melaksanakan pemilukada Sumsel bukan untuk membentuk tim seleksi (timsel) KPU kabupaten/Kota,”ujarnya.

Langkah KPU Sumsel membentuk timsel KPU kabupaten dan kota itu menurutnya, ada maksud tersembunyi. “Kami melihat, ada konspirasi bersar dari penyelenggara pemilu, dengan membentuk timsel itu,” tudingnya.

Karenanya sebut Meryan, mereka menolak perpanjangan masa tugas komisioner KPU Sumsel. Selain itu, mereka juga meminta pembentukan timsel calon komisioner KPU kabupaten dan kota yang dilakukan KPU Sumsel, dibatalkan.

“Kami meminta KPU RI, untuk segera menindak dugaan terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh komisioner KPU Sumsel, yang masa jabatannya tengah di perpanjang ini,”tandasnya.

Sebagai informasi, masa jabatan komisioner KPU Sumsel diperpanjang sampai pengucapan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Periode 2013-2018.  Namun kapan pelantikan gubernur-wagub ini, belum bisa dipastikan karena masih menunggu hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK), terhadap sengketa pemilukada Sumsel.

Kepala bagian Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumsel, Agus Heri Pramono menyebut, SK perpanjangan masa jabatan komisioner KPU Sumsel itu dituangkan dalam SK KPU RI Nomor:441/Kpts/KPU/2013.

“Dalam SK perpanjangan itu dijelaskan, masa jabatan terbut berakhir paling lambat sampai pelantikan gub sumsel terpilih, dan sudah ada pengisian komisioner KPU sumsel, serta paling lambat dilaksanakan Desember 2013,” bebernya.

Saat ini, siapa calon komisioner KPU Sumsel periode 2013-2018 masih dalam tahap seleksi yang dilakukan timsel. Semua komisioner KPU Sumsel saat ini, juga ikut dalam seleksi untuk mempertahankan jabatannya. Selain itu, ada juga sejumlah komisioner KPU kabupaten dan kota di Sumsel, akademisi, dan PNS yang mengikuti seleksi.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster