Penerima PKH Bertambah

 371 total views,  2 views today

pkhPALEMBANG, KS-Dinas Sosial (Dinsos) Sumatera Selatan (Sumsel), akan menambah enam kabupaten dan kota yang melaksanakan  Program Keluarga Harapan (PKH). Ke enam kabupaten dan kota itu yakni Musi Rawas, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Empat Lawang, Prabumulih dan OKU Selatan.

PKH di Sumsel kata Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Ahmad Najib, sudah berjalan sejak tahun 2011 lalu di Palembang, Banyuasin, OKI dan Lahat.

“Artinya kedepan, ada 10 kabupaten dan kota di Sumsel yang melaksanakan PKH. Melalui program ini kita harapkan, bisa semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu masyarakat miskin,” jelas Najib ketika dibincangi usai memimpin rapat di ruang bina Praja Pemprov Sumsel, Jumat (5/7).

Pelaksanaan PKH di enam kabupaten dan kota itu sebut Najib, akan menjangkau 63 kecamatan dengan kuota  validasi sebanyak 35.422 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bantuan dan Jaminan Sosial, Dinsos Sumsel,  Sumarwan mengatakan, penambahan kabupaten dan kota yang melaksanakan PKH itu di dasarkan hasil evaluasi pelaksanaan PKH sebelumnya.

PKH kata Sumarwan dinilai mampu menurunkan angka rumah tangga miskin di daerah. “Karenanya kita berharap, bertambahnya kabupaten dan kota yang melaksanakan PKH maka angka rumah tangga miskin dapat berkurang di Sumsel,” ucapnya.

Sumarwan menyebut, pelaksanaan PKH di kabupaten dan kota yang sudah melaksanakan selama ini masih banyak persoalan misalnya kesekretariatan dan pemutakhiran data penerimanya. “Itu karena koordinasi lintas instansi yang masih lemah, sehingga banyak persoalan dan masukan yang tidak bisa terakomodir,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, Sumsel termasuk provinsi awal yang melaksanakan program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan miskin dan mengatasi permasalahan sosial itu dari Kementrian Sosial (Kemensos).

Sebagai informasi, penerima PKH juga akan mendapatkan kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak melalui program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Di Sumsel, penerima dana BLSM ini sebanyak 419.579 RTSM.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster