ISG Terancam Diserbu Asap

 243 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di Sumatera Selatan (Sumsel), terancam akan diserbu asap. Pasalnya, event olahraga negara-negara Islam itu akan dilaksanakan pada September mendatang. Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) sendiri memprediksi, September sudah memasuki puncak kemarau sehingga rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Namun antisipasi serbuan kabut asap ini kata Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, sudah disiapkan. ” Seperti dulu, waktu SEA Games banyak asap. Kita akan meminta bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk melakukan rekayasa cuaca. Mereka kita minta buat hujan buatan, jika hujan kebanyakan ya kita kurangi,” kata Alex ketika dibincangi usai rapat paripurna DPRD Sumsel, Kamis (4/7).

Bagaimana dengan kesiapan Sumsel, sebagai tuan rumah ?, Alex yakin siap untuk itu. Karena Sumsel, sudah memiliki kompleks olahraga berstandar internasional di Jakabaring Sport city (JSC). “Memang ada venue dan beberapa fasilitas lain, yang harus diperbaiki. Banyak yang sudah rusak, dan butuh perawatan,” ujarnya.

Sejumlah venue kata Alex, walaupun ada yang dipakai dan dipelihara rutin tetap saja butuh perbaikan. Misalnya, wisma atlet dan dinning hall.  Begitu juga dengan pagar, lampu dan lainnya.

Lalu lintas juga sebutnya, perlu ada pengaturan. Alex juga berharap perluasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sudah selesai dibangun, begitu juga dengan Palembang Sport and Convention Center (PSCC) sehingga bisa menambah venue maupun penginapan bagi peserta ISG.

Bagaimana dengan masjid, bukankah di JSC tidak ada masjid ?, Alex menyebut untuk membangun masjid di kompleks JSC tidak akan terkejar lagi. Kemungkinan besar, sarana ibadah untuk atlet maupun official ISG 2013 tersebut akan memanfaatkan bangunan lainnya atau tenda tertutup yang menggunakan pendingin ruangan.

Dari mana dananya ?, sebagian besar menurutnya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) namun pemprov juga akan menganggarkan dana di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan mendatang.

Sementara itu Ketua DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo dibincangi terpisah menyebut ditunjukknya Sumsel bersama DKI Jakarta sebagai tuan rumah ISG 2013, adalah kepercayaan sekaligus membawa nama baik negara. “Karenanya, kita tidak ingin merusak nama baik bangsa. Semuanya akan dibahas, sehingga kita bisa menjadi tuan rumah yang baik,” kata Wasista.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, ISG 2013 lebih berat jika dibandingkan dengan pelaksanaan SEA Games. Alasannya, jika SEA Games hanya diikuti oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang nota bane memiliki karakter budaya dan ekonomi yang tak jauh berbeda dengan Indonesia. “Sementara ISG, diikuti banyak negara. Banyak juga negara-negara besar, yang sudah memberikan konfirmasi untuk hadir dan mengirimkan atletnya,” tukasnya.

 Teks   : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster