Deteksi Kendaraan Melalui Warna Oli

 196 total views,  2 views today

oil

PALEMBANG | KS-Pemilik kendaraan pasti ingin kondisi mobil tetap prima, dan ingin cepat tahu kondisi mobilnya saat ingin digunakan, berikut ini cara mengetahui kondisi mesin kendaraan anda, dengan cara melihat warna oli.

Tono anang, mekanik PT Encars Indonesia Daihatsu  Cabang Sumsel, mengatakan untuk mengetahui waktu penggantian oli mesin sangat penting. Karena jika sampai telat masa penggantian, mesin akan cepat rusak. Secara umum penggantian oli mesin diukur dengan jarak tempuh kendaraan.

Lanjutnya, dalam kaitannya dengan jarak tempuh bisa mengikuti buku panduan yang disediakan oleh pembuat produk kendaraan. Tapi di sini juga ada cara unik untuk melihat kondisi mesin dan masa penggantian oli dengan melihat warnanya,” Cara sederhana dan hemat biaya ini, bisa kita lakukan sendiri di rumah,” Ungkapnya kemarin (4/7).

Warna oli mesin akan berubah menjadi warna putih susu jika tercampur dengan air.” Hal ini bisa jadi karena kondisi mesin anda yang sudah kurang baik,” ungkapnya .

Ada baiknya segera periksakan ke bengkel terdekat dan terpercaya, lakukan pengecekan. Jangan sungkan untuk memperbaiki sedikit saja kerusakan karena ini bisa memperkecil jumlah uang yang harus  keluar.

Warna oli berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama akibat kendaraan telah menempuh perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh. Kedua karena terjadi kerusakan pada mesin. “Jika hal itu terjadi disarankan untuk segera mengecek mesin mobil ke ahlinya,” ujarnya.

Warna ini biasanya menunjukan kendaraan usai menempuh perjalanan dengan Jarak tempuh yang kurang lebih berkisar antara 1.000-2.000 km, sehingga membuat warna oli  menjadi coklat kekuningan.,” Jika yang terlihat adalah warna tersebut masih dapat dikatakan normal,” tutupnya.

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster