Agustus, PLTMG Ditargetkan Operasional

 260 total views,  2 views today

PALEMBANG | KS-Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Kelurahan Srimulya, Kecamatan Sematang Borang saat ini sudah rampung 72 persen. Direncanakan pembangkit dengan kapasitas daya 2×7 Mega Watt (MW) ini, akan beroperasi pada Agustus mendatang.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra saat meninjau pembangunan PLTMG Sematang Borang, Kamis (4/7). Eddy mengatakan, rencana operasional PLTMG ini sedikit tertunda. Selain masalah teknis, seperti peralatan yang dibeli dari luar negeri, masalah non teknis seperti administrasi dan perizinan juga menjadi kendala.

“Tapi, sekarang sudah hampir rampung. Progresnya sudah 72 persen. Mudah-mudahan, Agustus nanti selesai dan bisa operasional,” kata Eddy

Dengan adanya PLTMG ini, sambung Eddy, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasokan listrik warga Palembang. “Sekarang total daya yang dibutuhkan untuk Palembang ini mungkin sekitar 60 MW. Ini sudah dapat suplai dari PLTMG 14 MW. Mudah-mudahan, nanti tidak ada lagi kekurangan daya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) Kota Palembang, Bahder Johan mengatakan, pengelolaan PLTM ini dibawah anak perusahaan PT SP2J Palembang, yakni PT Pembangkit Listrik Palembang Jaya (PLPJ).

“Kami telah melakukan penandatangan PPA (power purchase agreement) pada awal tahun lalu. Listrik ini akan dijual ke PT PLN, kita kontrak untuk 20 tahun. PLTMG ini nantinya bakal menjadi tambahan kapasitas untuk gardu induk di Boom Baru,”katanya

Sambung Bahder, semua peralatan untuk PLTMG ini dibeli di Finlandia. Untuk lokasinya dipilih di Sematang Borang, karena potensi gas di Sematang Borang sangat besar.

“Lahannya juga milik Pemerintah Kota Palembang. Mudah-mudahan pembangkit listrik seperti ini dikembangkan di kawasan lain di Palembang,” tukasnya

Teks    : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster