Tahukah Anda, Indikator Temperatur Mesin Xenia

 379 total views,  2 views today

kabar sumatera

PALEMBANG KS – Keberadaan indikator temperatur mesin pada beberapa mobil dirasa cukup penting. Sebab ketika mengalami over panas bisa berakibat pada kerusakan. Secara mayoritas temperatur panas mesin mobil ditunjukan indikator pada spido meter. Berbeda dengan Daihatsu Sirion dan All New Xenia, yang tidak menampakkan wujudnya saat engine on.

Daniel Saragat, Branch Manager PT Encarta Indonesia  Diler resmi Daihatsu Sumatera Selatan mengatakan, setiap kendaraan memiliki indikator panas mesin, namun All New Xenia yang indikator panasnya tersembunyi memang sengaja diciptakan agar tampilan layar di dashboard lebih simple seperti layaknya mobil premium.

Bagi yang belum mengerti dimana posisi indikator tersebut, coba perhatikan ornamen indikator dashboard sesaat sebelum start engine. Beberapa indikator akan menyala beberapa detik sebelum kunci kontak dinyalakan.”Memang setelah mesin menyala, beberapa indikator tersebut akan menghilang dari tampilan idikator pada dashboard,” ungkapnya kemarin (3/7).

Lantas apakah Xenia tidak dapat menyampaikan informasi panas mesin? Pastinya bisa. Ada dua kiat mengetahui kondisi temperatur mesin. Sejauh indikator suhu tidak menyala, maka dapat dipastikan suhu ruang mesin dalam keadaan normal dan aman.

“Namun jika sampai indikator tersebut menunjukkan ‘menampakkan’ dan berkedip, maka Anda patut melakukan pengecekan, beberapa item yang berkorelasi memacu tingginya temperature mesin. Indikator temperatur yang berkedip, tandanya suhu mesin mencapai 118°C,”ungkapnya.

Untuk indikator berkedip, pengguna masih memiliki batas toleransi untuk melakukan pengecekan beberapa item (air radiator dan air cadangan kosong,dan lainnya) yang mungkin memicu tingginya temperatur mesin. Namun patut waspada, jika indikator temperatur menyala terus.

“Indikator yang menyala terus, menandakan suhu ruang mesin mencapai 119.5°C. bila sudah melakukan pengecekan secara seksama, dan masih didapati indikator terus menyala, ada baiknya Anda membawa Xenia kesayangan Anda ke bengkel resmi daihatsu untuk melakukan pengecekan menyeluruh,”Tutupnya.

 

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster