Atribut Caleg Bakal Banjiri Palembang

 280 total views,  2 views today

caleg

Ilustrasi Caleg/NET

PALEMBANG  KS – Dalam waktu dekat, dipastikan Kota Palembang bakal kembali sembrawut dipenuhi berbagai antribut milik calon anggota legislatif (caleg) yang akan bertarung di pemilihan umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Tidak ingin ini terjadi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palembang, mulai melakukan antisipasi. Kesbangpol, akan memantau berbagai atribut milik caleg yang dipasang baik stiker, banner, baleho maupun alat sosialisasi lainnya.

“Kita terus memantaunya, agar pemasangan atribut caleg ini tidak mengganggu estetika kota,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Palembang, Shinta Raharja ketika dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (3/7).

Menurut Shinta, pemasangan media sosialisasi ini telah diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Palembang Nomor 9 tahun 2009. Dalam peraturan itu, atribut milik perseorangan, organisasi, lembaga maupun badan usaha dilarang di pasang di jalan protokol seperti di Jalan Sudirman, Veteran, Merdeka dan lainnya. dan

Larangan itu kata Shinta juga diberlakukan di sekolah atau tempat pendidikan, tempat ibadah dan masih banyak lagi yang lainnya.  “Kami sudah memberikan kesempatan kepada caleg, yang ingin bersosialisasi dengan memberikan space khusus,” ucapnya.

Ia berharap fasilitas itu, bisa dimanfaatkan sehingga caleg tidak lagi memasang bendera atau umbul-umbul di beberapa median jalan yang dilarang. “Kalau mau memakai fasilitas yang disiapkan Kesbangpol, silahkan. Kami mempunyai 100 titik lokasi yang tersebar di Kota Palembang. Seperti di sepanjang jalan menuju Bandara SMB II sebanyak 43 buah titik, Kolonel H Barlian 24 titik, Demang Lebar Daun 12 titik, Angkatan 45 sebanyak 15 titik dan di Basuki Rahmad sebanyak 6 titik,” bebernya.

Selain itu Shinta menambahkan, pihaknya juga mempunyai billboard yang disiapkan di empat tempat terpisah yakni di Simpang Golf, Simpang Tanjung Api-api, Simpang Radial, dan Simpang Musi II di Jalan Ki Merogan.

Billboard tersebut masing-masing berukuran 2 x 4 meter, dan akan dibagi tiga bagian. Masing-masing kandidat atau partai dapat mendapat tempat yang sama di lokasi tersebut. “Satu billboard ada tiga tempat. Siapa pun kandidat atau partai manapun, dapat memanfaatkannya secara gratis,”ucapnya.

Namun pemasangan atribut sosialisasi itu sambungnya, harus mendapatkan izin dari Pemerintah Kota (pemkot) Palembang. Izin itu terangnya, ditujukan ke Kesbangpol.

 

Teks     : Alam Trie Putra
Editor : Dicky Wahyudi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster