Tumbuhan Ganggang Ancam Sumsel Batal Jadi Tuan Rumah

 207 total views,  2 views today

Penyelenggara-Pra-Olimpiade-2015-Cabor-Canoe

Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG KS – Akibat venue Ski Air, Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) dipenuhi tumbuhan ganggang, peluang Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi tuan rumah penyelenggara Pra Olimpiade 2015 mendatang cabang olahraga (Cabor) Canoe terancam batal.

Hal ini tidak terlepas dari hasil tinjauan Presiden Internasional Canoe Federation (ICF) asal Jepang, Kanda yang secara langsung datang untuk meninjau berlangsungnya kegiatan kejuaraan Dayung Junior U-15 South East Asia Canoe Championship 2013.

Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB Podsi), Ahmad Sucipto mengatakan, memang ada satu permasalahan yang menjadi kendala bagi Indonesia untuk menjadikan Sumsel tuan rumah Pra Olimpiade Canoe 2015 mendatang.

“Kita sudah berbincang-bincang dengan presiden ICF dan meninjau langsung kegiatan kejuaraan dayung junior di Sumsel. Ada satu kendala Indonesia untuk menjadi tuan rumah karena terdapatnya tumbuhan liar atau ganggang yang didalam danau. Itulah yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Sumsel kedepannya,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk sarana dan prasarana venue Ski Air Jakabaring sejatinya sudah sangat memadai. Seperti, jarak yang diperlukan untuk menggelar kejuaraan dayung khususnya Canoe yang minimal 2000 Meter.

“Fasilitas yang kita miliki ini sudah memadahi seperti penginapan, tranportasi itu semua sangat memadai dan tersedia di Sumsel. Jarang sekali di Indonesia memiliki venue yang bertaraf internasional seperti ini,” ujarnya.

Sementara Asisten III Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel Bidang Kesra, Ahmad Najib mengatakan terkait masalah gulma atau ganggang yang terdapat di dalam danau, bakal ditanggulangi dengan menjalin kerjasama terhadap Badan Pengolahan dan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel. Agar dapat membersihkan danau walaupun sedang tidak terpakai.

“Kita menerima kabar bahwa 2015 kita akan menjadi tuan rumah kejuaraan Asia Canoe Championship Pra Olympic (ACC). Saya rasa sudah tidak ada lagi alasan lagi kalau kita menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah dengan venue yang sudah mendapat pengakuan dunia sebagai venue Ski Air terbaik. Itu diungkapkan presiden Sky dunia beberapa waktu yang lalu, kita harapkan kita bisa menjadi tuan rumah nantinya,” ujarnya.

Selain faktor ganggang, Kanda menerangkan jika sebenarnya fasilitas venue yang dimiliki Sumsel saat ini sudah sangat baik. Dengan panjang arena yang cukup memadai sebagai kreteria peyelenggaraan kejuaraan canoe untuk pra Olimpiade, Sumsel layak menjadi tuan rumah.

“Hanya satu masalah yang dimiliki Sumsel untuk menjadi tuan rumah nantinya, terdapat tumbuhan didalam danau. Hal itu sangat mengganggu laju dari perahu yang adan bertanding, jadi saya harap nantinya akan ada penanggulangan khusus masalah tumbuhan di dalam danau,” tukasnya.
TEKS       : SADAM MAULANA

EDITOR :RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster