Truk Barang Bebas Bongkar Muat, Jalanan Macet

 333 total views,  2 views today

teruk-barang

Foto : DOK INT

PAGARALAM KS — Kondisi pusat Kota Pagaralam semakin  hari kian semrawut, begitu juga petugas yang ada di lapangan kewalahan hadapi kemacetan kawasan kota akibat maraknya angkutan barang melakukan bongkar muat di sepanjang jalan Trip Yunus Kecamatan Pagaralam Utara dan jalan Sersan Ali Aras Kecamatan Pagaralam Selatan.

Pantauan Kabar Sumatera di lapangan, Selasa (2/7), selain angkutan barang, terjadi pelanggaran pun  didominasi dengan maraknya angkutan gelap atau tidak resmi beroperasi mengunakan plat hitam dengan bebas masuk kota.  Sementara untuk mengetahui legalitas angkutan yang ada saat petugas melakukan razia

Menurut Heri (38) sopir angkot Pasar Pagaralam-Terminal Perandonan, sejumlah angkutan barang kerap melakukan bongkar muat di tepi jalan hingga menjadikan jalanan yang ada macet. Ditambah lagi keberadaan angkutan gelap dengan bebas menaikkan maupun menurunkan penumpang, tapi petugas yang ada jarang sekali melakukan razia.

“Jika diperhatikan,  sepertinya ada permainan antara petugas dengan para sopir truk barang, karena  tidak memberikan sanksi tegas berupa tilang ataupun melarang untuk masuk kota,” terangnya.

Sama diungkapkan Sugianto pedagang pakaian di pasar Eks Seghepat Seghendi menuturkan, setiap menjelang sore hari sepanjang jalan Sersan Ali Aras sering terjadi kemacetan akibat banyaknya truk barang melakukan bongkar muat. Sementara petugas yang ada  sepertinya membiarkan hal itu terjadi.

“Tak heran,  jika petugas yang ada jarang sekali melakukan penindakan ataupun melarang truk barang dengan seenaknya melakukan bongkar muat. Padahal kondisi ini sering menjadikan ruas jalan yang ada menjadi sempit dan terkesan semrawut,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi,  Drs H Agustiar Effendi mengatakan, pihaknya  akan segera melakukan penertiban serta menindak tegas keberadaan truk barang yang masih beroperasi di dalam kota, termasuk jika ada petugas yang terlibat akan ditindak tegas.

“Kami akan memberikan sanksi yang tegas kepada siapapun yang melakukan pelanggaran termasuk petugas di lapangan.  Sejauh ini kita tengah melakukan penertiban terhadap seluruh truk barang yang melakukan bongkar muat di kawasan kota, termasuk angkutan liar yang kerap melakukan pelanggaran dengan cara menerobos masuk ke kawasan pusat kota,” tegasnya singkat.

 

Teks : Antoni Stefen

Editor: Sarono P Sasmito

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster