Pegadaian Kreasi Taburkan Rp 11,2 M

 297 total views,  2 views today

Pegadaian-Kreasi-Taburkan-Rp-11,2-M

Foto : Jemmy/KS

PALEMBANG KSPT Pegadaian Wilayah III Sumatera Bagian Selatan lewat Kredit Angsuran Fidusia atau “Kreasi” mengucurkan dana segar sebanyak Rp 11,2 miliar. Gunanya membantu pembiayaan 838 usaha mikro dan kecil di Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Asmar, Kepala Humas PT Pegadaian Wilayah III Sumbgsel yang dibincangi Harian Umum Kabar Sumatera, Senin (1/7) menyampaikan, layanan Kreasi ini diarahkan untuk nasabah yang membutuhkan modal usaha. Seperti pengembangan usaha industri rumah tangga dan berdagang makanan kuliner atau pakaian terutama memasuki bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

“Pegadaian memikirkanya sejak awal, karenya kredit Kreasi  yang disiapkan khusus membiayai pengusaha mikro dengan jaminan secara fidusia. Langkah ini sebetulnya memberikan kesempatan pada masyarakat memanfaatkan momentum rdan Idul Fitri  guna meningkatkan kesejahteraan usaha mereka dengan bantuan dana segar,” terang Asmar.
Kredit Kreasi, sambung Asmar, sebenarnya modifikasi produk jasa layanan pinjaman modal usaha yang sebelumnya dikenal Kredit Kelayakan Usaha Pegadaian. Namun, belakangan produk jasa layanan itu sedikit mengalami perubahan sebab Pegadaian yang lekat dalam image masyarakat itu belum mengena secara menyeluruh. Artinya, masih banyak masyarakat yang beranggapan pegadaian hanya sebatas tempat menggadaikan.
“ Nah, untuk mengubah image, produk layanan Kreasi pun ditawarkan. Bahkan, untuk mendapatkan kredit Pegadaian itu syaratnya sangat mudah, masyarakat cukup mengajukan permohonan dengan didukung bukti memiliki usaha yang telah berjalan minimal dua tahun serta agunan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sepeda motor atau mobil.Jadi hanya surat BPKB nya saja bukan kendaraan miliknya,” Asmar berkata.
Tutur Asmar, bukti tersebut akan menjadi kemudahan bagi pemohon untuk mendapatkan kesempatan mengembangkan usaha.

“Sejak satu semester 2013 ini , kita sudah membantu sebanyak 838 usaha mikro. Semoga kredit Kreasi bisa meningkatkan usaha dan kesejahteraanya,” ujarnya.

Dessy, Staf Teller Pegadaian berucap, pegadaian Wilayah III Sumbagsel mencatat setidaknya angka peningkatan nasabah tiga bulan terakhir mencapai peningkatan 10 sampai 15 persen.

Namun begitu, barang jaminan seperti emas yang hampir 95 persen mengalami penurunan, maka konskuensinya harga patokan tafsiran ikut tuurun sehingga kenaikan omzet secara umum hanya 5 persen dari hari biasanya.

“Biasanya menjelang tahun ajaran baru peningkatannya cukup signifikan mencapai 20 sampai 25 persen.  Cuma untuk tahun ini karena harga emas yang merupakan 95 persen dari barang yang kita terima itu agak turun sehingga kenaikannya juga amat kecil 5 persenan kurang lebih. Jumlah nasabah memang meningkat sekitar 10 sampai 15 persen,” tutupnya.

 

TEKS : JEMMY SAPUTERA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster