LPM Ukhuwah Jalin Kerjasama dengan Kabar Sumatera

 416 total views,  2 views today

kabar sumatera

PALEMBANG KS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah IAIN Raden Fatah Palembang menjalin kerjasama dengan Harian Kabar Sumatera. Kerjasama ini ditandai dengan kunjungan pengurus LPM dipimpin Divisi Litbang, Fauzan Al Ihsan dan Iwan Rosadi ke kantor redaksi kemarin, Senin (1/7).

LPM Ukhuwah berencana “menitipkan” anggotanya untuk magang  sambil belajar langsung proses pembuatan sebuah media. Mereka yang akan magang di harian ini terdiri dari tiga orang reporter dan dua layouter.

Fauzan dalam penyerahan itu berharap  beberapa anggota LPM dapat menimba pengalaman dan pengetahuan secara praktis di harian ini. Diharapkan nantinya kelima mahasiswa ini dapat memperkokoh keberadaan lembaga pers yang telah banyak melahirkan jurnalis yang tersebar di

beberapa media di Sumsel ini. “Kami mohon  teman-teman dibimbing mas, supaya bisa menjadi jurnalis yang baik,” ujar Fauzan.

Pemimpin Redaksi Kabar Sumatera, Imron Supriyadi menyambut baik keinginan para jurnalis muda untuk menimba pengalaman  melalui program magang. “Kami sangat mendukung, dan kami akan mencoba menyelaraskan maksud adik-adik ini. Setiap liputan, adik-adik bisa ikut mendampingi reporter kami yang terjun ke lapangan demikian juga untuk posisi layouter, silahkan berkoordinasi dengan layouter kita,” ujarnya.

Dalam wejangannya kepada jurnalis muda itu, Imron berpesan, sisi penting dalam tugas jurnalis adalah bekerja dan menulis dengan hati. “Inilah pentingnya bekerja dengan hati. Hati yang bersih akan membawa hasil karya yang juga bersih. Demikian pula kalau hati yang kotor dibawa dalam penulisan berita, saya pastikan hasilnya akan ikut kotor,” tukas Imron.

“Makanya kami selalu menekankan para jurnalis kami untuk tidak tergiur dengan budaya amplop. Kalau sudah terjangkit virus amplop, maka penulisan beritanya pun akan berbau amplop,” ujar Imron.

Selain tidak membudayakan amplop, Imron  juga berpesan agar dalam setiap hasil karya jurnalisme, para jurnalis dapat mengutamakan nilai kebaikan. “Ingat, hasil karya anda akan dibaca oleh ribuan orang. Maka tanamkanlah niat untuk menyebar pesan kebaikan. Tugas Jurnalis adalah mulia, sebagai penyampai pesan. Tugas mulia tentunya harus berisi kemuliaan pula,” tambahnya.

Pemimpin Perusahaan Kabar Sumatera, Sarono P Sasmito yang turut hadir dalam kesempatan itu, juga menyambut baik niat dari LPM UKhuwah IAIN RAden Fatah Palembang ini. “Apa yang dilakukan adik-adik ini merupakan pengembangan jaringan dan pengembangan potensi diri. Sebagai orang yang akan menggeluti dunia pers, kedua unsur ini sangat penting. Karena itu kami sangat mendukung program kerjasama ini,” ujar Sarono.

Apalagi menurut Sarono, antara Kabar Sumatera dengan LPM Ukhuwah  sudah terjalin sebelumnya. Beberapa alumni LPM Ukhuwah saat ini ikut menggawangi koran ini, mulai dari reporter sampai posisi redaktur. “Saya kira ini menjadi silatturahim yang untuk proses pengembangan jurnalis muda dan untuk Kabar Sumatera,” tambahnya.

 

TEKS : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : JUNAIDI ABDILLAH





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster