Bimtek Sapi Nasional di Sembawa

 247 total views,  2 views today

Bimtek-Sapi-Nasional-di-Sembawa

Foto : Bagus Kurniawan/KS

BANYUASIN KS – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sukses menggelar Bimbingan Teknis Inseminasi Buatan (Bimtek IB) tingkat Nasional di Balai Pembenihan Ternak Unggul (BPTU) Kecamatan Sembawa Kabupaten  Banyuasin.

Bimtek IB yang berlangsung selama dua pekan ini ditutup Sabtu (29/6/2013) oleh Gubernur Sumsel diwakili oleh  Asisten IV Bidang Administrasi dan Umum Provinsi  Sumsel, Samuel Khotib.

Pada penutupan Bimtek IB Angkatan VII Tingkat Nasional dihadiri Kepala Balai BPTU Sembawa Ir Satria Nusantara dan Direktur Perbibitan Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian Ir Abu Bakar.

Kalai ini Peserta Bimtek selain dari Sumsel juga dihadiri peserta asal Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Kalimantan Timur.

“Guna tercapainya ketersediaan pangan akan daging, telur, dan susu. Tentunya banyak hal yang harus diperhatikan salah satunya berkaitan sumber daya manusia serta penerapan teknologi perbibitan,’’ kata Samuel Khotib dalam isi sambutannya.

Ia berkata, Sumsel memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPTU Sembawa yang telah memberikan banyak sumbangsih terhadap pembangunan di bidang peternakan.

‘’Saya ucapkan banyak terima kasih kepada BPTU Sapi Dwi Guna dan Ayam Kecamatan Sembawa yang telah sukses dalam pelaksanaan Bimtek IB Tingkat Nasional Ini,’’ sebutnya.

Pembangunan bidang peternakan menyeluruh diharapkan akan menciptakan ketersediaan bahan-bahan pangan yang berkualitas. Ini sebagai penunjang kebutuhan nutrisi bagi manusia yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap kecerdasan ataupun peningkatan sumber daya manusia.

“Untuk peserta Bimtek IB ini agar terus berupaya meningkatkan ilmu pengetahuan. Nantinya setelah kembali ke provinsi masing-masing teruslah mengembangkan ilmu pengetahuan yang didapat selama bimbingan. Sehingga ilmu dan pengetahuan yang kita peroleh dapat bermanfaat dan menimbulkan pahala.  Selamat kepada semua peserta. Semoga apa yang telah diterima selama bimbingan teknis ini bermanfaat bagi pembangunan, khususnya di bidang peternakan,’’ ucapnya.

Ir Abu Bakar, Direktur Perbibitan Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian dalam pidatonya bertutur, dalam pembangunan yang dicita-citakan memang harus dibutuhkan kemauan dan tekad yang kuat agar terwujud dengan baik dan sempurna. Khususnya bidang peternakan yang banyak teknologi penerapannya

“Mari kita bersama-sama secara integrasi dengan instansi terkait untuk terus berupaya meningkatkan pembangunan di bidang peternakan,’’ ujarnya.

Abdurrahman Hakim, peserta Bimtek IB asal Sumatera Utara mengucapkan terima kasih pada Sumsel sebagai tuan rumah Bintek IB.

“Sebab, Bimtek IB ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Usai terjun ke lapangan kami siap mengembangkan ilmu dan pengetahuan yang kami dapatkan dari BPTU Sembawa ini untuk pembangunan bidang peternakan,’’ ujarnya.

Usai penutupan Bimtek IB, acar dilanjutkan peninjauan bersama ke lokasi peternakan. Antara lain peninjauan ke unit penetasan anak ayam, kandang peternakan ayam, ruang penggilingan bahan baku pangan ternak, kandang ternak sapi, dan peninjauan ke lahan penanaman tanaman pangan ternak sapi.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster