Anjal Mulai Serbu Palembang

 315 total views,  2 views today

*Meningkat 15 Persen Jelang Ramadhan

ANJAL

PALEMBANG KS – Menjelang bulan suci ramadhan, anak jalanan (anjal) mulai ramai di Palembang. Kedatangan para anjal dan gepeng ini tidak lain untuk meraup rupiah, karena dipastikan masyarakat akan lebih banyak bersedekah pada bulan suci ramadhan.

“Mereka umumnya datang dari daerah penyangga di sekitar Kota Palembang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang, Abi ketika dibincangi, kemarin.

Ia menyebut, jumlah anjal dan gepeng terus meningkat setiap tahun. Di ramadhan tahun ini, Dinsos memprediksi jumlah anjal dan gepeng yang akan menyerbu kota empek-empek ini bisa meningkat 15 persen.

Dinsos bekerjasama dengan Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palembang sebutnya, akan  melakukan razia terhadap anjal dan gepeng. Dinsos sebutnya, akan membentuk tim terpadu yang 8 personil untuk merazia anjal dan gepeng di metropolis.

“Untuk anjal dan gepeng yang terjaring, akan diamankan dan dibina di tempat yang telah disediakan. Tetapi tempat binaan dibagi, sesuai dengan kondisi anjal dan gepeng itu sendiri. Misalnya bagi yang tuna netra akan dibina di PRCN yang lokasinya ada di Simpang Patal,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Palembang, Aris Saputra, meminta Dinsos untuk memperketat dan tegas dalam pengawasan dan pembinaan terhadap anjal dan gepeng.

Hal itu kata Aris, perlu dilakukan agar bisa memberikan efek jera kepada anjal dan gepeng sehingga  kedepan anjal dan gepeng tidak lagi berkeliaran. “Kami harapakan sebisa mungkin, agar selama ramadhan mereka tidak berkeliaran. Jadi kita tidak sia-sia, hari ini tangkap, besok mereka kembali lagi ke jalan,”tukasnya. Alam Trie Marsata Putra

 

Teks   : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster