21 Kades Terancam Gagal Nyaleg

 208 total views,  2 views today

21-Kades-Terancam-Gagal-Nyaleg

Ilustrator : Jerry/KS

Muaraenim KS – Kursi dewan yang terbilang “empuk” menjadi buruan semua orang. Tak terkecuali Kepala Desa.

Namun, kades yang ingin maju sebagai calon legislatif (Caleg), nampaknya tidak mulus seperti apa yang dibayangkan. Kades harus melewati jalan terjal untuk menjadi caleg dalam merebut simpati masyarakat.

Jalan terjal itu yakni harus adanya surat pengunduran diri sebagai kades. Ada yang pro dan ada yang kontra. Jika ingin melenggang mulus harus disertakan surat pengunduran diri. Jika tidak, angan-angan untuk duduk di kursi “empuk” atas nama rakyat lenyap.

Di Kabupaten Muaraenim, belum diserahkannya surat pengunduran diri secara resmi dari Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa lain yang maju sebagai calon legislatif (Caleg) Pemilu 2014, membuat 21 orang Kades dan tiga perangkat desa lainnya terancam dicoret oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muaraenim.

Ketua KPUD Kabupaten Muaraenim, Isa Ansori melalui anggota KPUD Bidang Hukum M. Farijal Akmal kepada Kabar Sumatera diruang kerjanya mengatakan, sampai saat ini, pihaknya masih menunggu surat pengunduran diri secara resmi dari Kepala Desa (Kades).

“Kita masih menunggu surat pengunduran diri secara resmi dari Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa lain yang maju sebagai calon legislatif (Caleg) Pemilu 2014. Untuk itu, kita  menunggu hingga 1 Agustus 2013 mendatang,” tutur

Terkait hal ini, kata dia, sesuai dengan Surat Edaran (SE) KPU Pusat Nomor 315/KPU/V/2013 perihal temuan hasil verifikasi administrasi pemenuhan syarat pengajuan bakal calon dan syarat bakal calon anggota DPRD, tertanggal 6 Mei 2013, surat pemberhentian secara resmi dari atasan mereka telah kami terima selambatnya pada tanggal 1 Agustus 2013, mendatang.

Farijal mengungkapkan, bila hingga tanggal yang telah ditentukan belum ada surat pemberhentian secara resmi, maka pihak KPUD Kabupaten Muaraenim berwenang untuk menggugurkan Kades atau perangkat desa terkait untuk maju sebagai Caleg. Namun demikian, terkait hal ini pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Pemkab melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Muara Enim.

“Untuk nama-nama Daftar Calon Sementara (DCS) telah kita umumkan pada 13-17 Juni lalu. Setelah DCS, pada 23 Agustus 2013 nanti KPUD akan mengumumkan Daftar Caleg Tetap (DCT) dari 12 Parpol peserta Pemilu 2014,” pungkas Farijal.

 

Teks : Siswanto

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster