Polisi Amankan 21 Ton BBM Ilegal Tapping

 432 total views,  2 views today

Polisi-Amankan-21-Ton-BBM-Ilegal-Tapping

Foto : Oscar/KS

PALEMBANG KS – Tiga truk dengan tangki modifikasi ditutup terpal bermuatan sebanyak 21 ton minyak mentah yang diduga hasil illegal tapping berhasil diamankan jajaran Polsek Sukarame Palembang, saat berada di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Rabu (27/6/2013).

Minyak mentah tersebut diangkut menggunakan truk Toyota Dyna Merah BG 8711 UR dikendarai Taufik Chandra (30), mutan lebih kurang 7.000 liter atau 7 ton, truk Mitsubishi kuning BE 9759 AP dikendarai Irman (34) dan truk Toyota Dyna BG 8574 AS dikendarai Ledi Yusiaan (40) juga bermuatan 7.000 liter.
Selain mengamankan tiga kendaraan, penangkapan yang bermula dari SMS online dari masyarakat. Kemudian setelah dilakukan penyelidikan ternyata benar, sehingga langsung digiring ke Mapolsek Sukarame Palembang, berikut ketiga sopir yang ditetapkan sebagai tersangka.

Dari hasil pemeriksaan sementara minyak tersebut diduga milik A (DPO) asal Babat Toman Musi Banyuasin dengan menggunakan jasa trasporter milik B (DPO). Minyak-minyak yang diduga hasil ilegal tapping itu hendak diantar ke Bandar Lampung. “Kami baru kali ini mengangkut minyak dan jika sampai ditujuan upah Rp500.000 baru diterima,” ujar Taufik.

Sementara itu, Kapolsek Sukarami, Kompol Imam Tarmudi di damping Kanit Reksrim Iptu Dhavid Shiddiq mengatakan saat ini sopir dan truk sudah diamankan serta masih akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut. “Mereka (sopir-red) mengaku minyak dari sumur tua milik warga sekitar. Untuk dibawa ke Lampung. Tapi kita masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku akan dijerat pasal 55, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas Jo Pasal 53 ayat 1 KUHP.

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster