SFC OPTIMIS ‘RUNNER UP’

50 total views, 3 views today

sfc-vs-aremaPALEMBANG | KS-Duel ‘Big Match’ kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013 yang mempertemukan antara juara bertahan Sriwijaya FC (SFC) melawan Arema Cronous di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang, Minggu (23/6) besok malam, pukul 19.00 WIB mungkin bukanlah partai penentuan bagi tim terbaik kasta tertinggi kompetisi tanah air musim ini.

Pasalnya, kedua tim yang saat ini berurutan berada diperingkat dua dan tiga klasemen sudah sangat sulit mengejar sang pemuncak klasemen sementara, Persipura Jayapura yang telah mengoleksi 64 poin dari 26 pertandingan yang dilakoni. Atau terpaut 14 poin dari Arema di urutan kedua, dan 16 poin atas SFC diurutan ketiga.

Dengan perbedaan yang mencolok tersebut, tak ayal secara perlahan kedua tim mulai mengibarkan bendera putih. Meski belum sepenuhnya menyerah, namun dengan pertandingan yang masih menyisakan beberapa partai lagi, kedua tim mulai berfikir realistis jika cukup mustahil mengharapkan klub berjuluk Mutiara Hitam dapat tergelincir di lima laga.

Mengingat hingga saat ini saja klub besutan pelatih Jacksen F. Thiago tersebut tampil konsisten dengan tidak pernah gagal memetik poin disetiap laganya. Sadar akan sulitnya mengejar Persipura, bidikan mulai dialihkan. Tidak bisa juara, setidaknya kedua tim sama-sama optimis dapat mengamankan posisi runner up.

Walaupun untuk opsi misi ini, juga tergolong tidak mudah. Demi memastikan diri sebagai tim terbaik kedua, selain kedua tim yang bakal bersaing, masih ada nama tim lain yakni Persib Bandung dan Mitra Kukar yang terus mengintip peluang menyalip.

Untuk itu, sebelum tim pesaing lain mendekat, pada duel kali ini yang mempertemukan kedua tim secara langsung nampak tidak ingin disia-sia kan kedua tim, baik SFC maupun Arema yang sama-sama optimis dapat merengkuh tiga poin.

Terlebih bagi SFC yang bertindak sebagai tuan rumah. Dengan dukungan pendukung yang memadati Stadion GSJ, klub berjuluk Laskar Wong Kito mengusung target segera mengkudeta Arema agar sudi bertukar posisi.

“Ini momen yang tepat. Disaat jarak kedua tim semakin mendekat, kita mendapat kesempatan secara langsung bertemu. Dan untuk itu tidak akan kita sia-siakan dengan langsung membidik tiga poin penuh,” kata pelatih SFC, Kas Hartadi.

Namun untuk memenangkan pertandingan itu bukanlah perkara mudah bagi Ponaryo Astaman Cs. Arema yang saat ini bercokol di urutan kedua klasemen juga menginginkan hasil maksimal ketika meladeni tuan rumah SFC dilaga nanti. Apalagi kemenangan menjadi hal yang penting bagi Singo Edan demi menipiskan jarak dengan sang pemuncak Persipura.

Dengan masa persiapan yang cukup panjang setelah tiba di Palembang Rabu malam (19/6), Greg Nwokolo dan kawan-kawan sudah memulai latihan perdananya di Stadion Patra Jaya Palembang. Sementara SFC saat ini masih dalam tahap pemulihan pasca melakoni laga berat saat mengalahkan tamunya Gresik United beberapa waktu lalu.

“Kita tahu lawan yang akan kita hadapi sangat berat. Namun kita harus tetap optimis bisa meraih hasil maksimal di laga nanti,” ungkapnya.

Secara khusus mantan pelatih Sekayu Youth Soccer Academy (SYSA) ini mengatakan Arema merupakan tim yang sulit untuk ditaklukan. Belum lagi secara materi tim yang ditukangi pelatih Rahmad Darmawan ini juga memiliki pemain terbaik.

Meskipun untuk pertandingan, sang pelatih menolak untuk menyerah begitu saja dengan Arema karena timnya juga memiliki hasrat untuk membalaskan dendam setelah takluk di putaran pertama.

“Arema bukan tim yang mudah untuk ditaklukan, materi pemainya juga sangat bagus disetiap lini dari belakang sampai kedepan. Bahkan pemain pelapis mereka juga diperhitungkan. Namun secara materi mereka diunggulkan saya lebih percaya dengan tim saya, apalagi kami memiliki motivasi tinggi dalam pertandingan nanti,” tukasnya.

Sementara Asisten Pelatih Arema, Joko Susilo mengatakan sama sekali tak gentar menghadapi SFC di kandangnya. Dengan masa recovery skuadnya yang cukup panjang, Joko yakin tim kebanggaan Aremania ini dapat mempermalukan tuan rumah.

“Dibandingkan tuan rumah, kita memiliki keunggulan dari segi fisik pemain yang lebih siap. Mudah-mudahan dengan ini kita dapat memetik poin penuh atas juara bertahan di kandangnya,” terang Joko.
Prakiraan Line up     

Sriwijaya FC (4-2-3-1): 12. Ferry Rotinsulu; 23. Fandy Mochtar, 35. Lee Dong-Won, 28. Abdul Rahman, 4. Dodok Anang Zuanto; 13. Ahmad Jufrianto, 11. Ponaryo Astaman (c); 10. Tantan, 50. Erick Weeks Lewis, 40. Boakay Eddie Foday; 99. Herman Dzumafo Epandi
Pelatih: Kas Hartadi

Arema (4-3-3): 1. Kurnia Meiga (c); 6. Thierry Gathuessi, 53. Munhar, 32. Victor Igbonefo, 7. Benny Wahyudi; 12. Hendro Siswanto, 5. Edmar Garcia, 8. Egi Melgiansyah; 10. Greg Nwokolo, 9. Alberto Goncalves, 40. Keith Kayamba Gumbs
Pelatih: Rahmad Darmawan
Head to Head

ISL (24/02/13) Arema 4-1 Sriwijaya FC
ISL (16/06/12) Sriwijaya FC 2-1 Arema
ISL (08/01/12) Arema 1-5 Sriwijaya FC
ISL (27/03/11) Arema 1-1 Sriwijaya FC
ISL (26/01/11) Sriwijaya FC 1-1 Arema
Lima Pertandingan Terakhir Sriwijaya FC

ISL (19/06/13) Sriwijaya FC 2-1 Gresik U.
ISL (15/06/13) Persib 4-0 Sriwijaya FC
ISL (10/06/13) Persita 2-4 Sriwijaya FC
ISL (27/05/13) Persipura 3-0 Sriwijaya FC
ISL (24/05/13) Persiwa 0-1 Sriwijaya FC
Lima Pertandingan Terakhir Arema

ISL (18/06/13) PBR 1-1 Arema
ISL (14/06/13) Arema 1-1 Gresik U.
ISL (03/06/13) Arema 3-0 Persita
ISL (31/05/13) Arema 1-0 Persib
ISL (26/05/13) Persepam 0-2 Arema
TEKS: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com