Sumsel akan Membangun Kampus Untuk Anak Miskin

20pccf8o

Foto | merdeka.com

PALEMBANG | KS-Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan berencana akan membangun kampus bagi anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi. Mereka nantinya akan diberikan satu kampus khusus yang akan mengajarkan berbagai keterampilan sehingga bisa menghasilkan pekerjaan. Rencananya program ini akan dimulai pada September tahun ini dan diharapkan berangsur-angsur akan berjalan secara meluas pada Juli 2015.

“Kami memang akan memulai untuk membuat sekolah untuk anak-anak yang kurang mampu di Sumsel ini mulai bulan September,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs Widodo MPd beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Akan ada sembilan sub kampus yang akan menjalankan program ini dan nantinya sub kampus tersebut akan dapat berdiri sendiri pada Juli 2015. Sekolah ini akan fokus mengajarkan kepada siswanya untuk dapat menolong diri sendiri yaitu mencari uang. Oleh karena itu pelajaran yang akan diajarkan terdiri dari sedikit teori dan akan lebih banyak kepada keterampilan untuk mencari uang.

“Jadi pelajaran akan lebih fokus pada praktek yang berorientasi untuk mencari uang, sehingga akan lebih banyak praktek ketimbang teori,” ujarnya.

Sementara itu, untuk tenaga pengajar yang akan dilibatkan adalah guru dan dosen SMK dari Sumsel sendiri yang telah dilatih di Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain itu, beberapa materi akan dikirim langsung dari ITB secara streaming pada sub kampus tersebut.

“Sekolah ini merupakan bagian dari program sekolah gratis yang telah digalakkan sebelumnya dan ditujukan bagi anak-anak yang kurang mampu, baik itu secara ekonomis dan akademis. Sehingga bisa membantu mengurangi pengangguran yang ada di Sumsel ini,” tukasnya

Dengan adanya kampus bagi anak kurang mampu, diharapkan agar dapat membantu masyarakat yang kurang mampu baik di Kota Palembang maupun diluar Kota Palembang. Yang nantinya pihak pemerintah akan menyeleksi dari tingkat Kabupaten Kota maupun desa-desa yang ada di Sumatera Selatan.

TEKS       : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com