Jurnalis PALI Bentuk Wadah

10 total views, 3 views today

jurnalisPALI | KS-Meskipun baru seumur jagung, Kabupaten Pali sudah menarik minat beberapa media untuk menempatkan wartawannya disana. Setiap hari para wartawan sudah berseliweran mencari berita.

Bertempat di Studio Radio Pali rabu (12/6) kemarin beberapa pekerja media tersebut menyepakati membentuk wadah berkumpul, yaitu Aliansi Jurnalis Pali yang disingkat “AJiP”. Dalam pertemuan tersebut disepakati Indra Setia Haris (Harian KabarSumatera) sebagai Ketua Umum, Dede Aprianto (Radio Pali) sebagai Wakil Ketua i, Heru Febrian (Harian Sumatera Ekpres), sebagai wakil ketua II dan Muhammad Wiwin (Enim Ekpres) sebagai Sekretaris Jendral serta Ima Mardiana (Radio Pali) sebagai Bendahara.

“Kita siapkan salah satu ruangan kita untuk wadah temen-temen ngumpul” Ujar Dede, Direktur Swara Radio Pali. Para jurnalis ini memang menyepakati untuk menjadikan Radio Pali sebagai sekretariat.

Menurut M. Wiwin, Sekjend AJiP, organisasi ini merupakan bentuk kekompakan para wartawan yang rutin beraktifitas di Pali. “Dengan adanya organisasi kita bisa saling membantu, misal ada yang kena musibah atau kena masalah, organisasi bisa aktif memberikan bantuan” ujar jurnalis berambut gondrong ini.

Senada, Indra Setia Haris juga mengemukakan, motivasi awal pembentukan ini agar para jurnalis bisa saling mengingatkan bilamana ada masalah. Selain itu juga, menurut Indra, organisasi ini merupakan standar profesional bagi jurnalis di Pali. “Kita ingin teman-teman yang bekerja secara profesional dapat bergabung. Kita juga tidak sembarang menerima seseorang untuk bergabung. Ada standar-standar tertentu” ujarnya.

Menurut Indra, hanya wartawan yang aktif setiap hari dan bekerja sepenuhnya untuk dunia jurnalistik saja yang dapat bergabung. “Biar ada pembeda” tambah Indra.

“Jangan sampai wartawan menjadi profesi ditakuti pejabat. Kita ingin, pejabat dan pengusaha memandang kita sebagai mitra. Makanya kita dirikan organisasi iini”  ini” pungkas Indra mantap.

Teks: Indra Setia Haris

Editor:  Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com