Gerai Pancing Mengail Laba

 1,628 total views,  8 views today

gerai-pancing

Ilst. Pancing

PALEMBANG KS-Penggemar kegiatan memancing yang semakin banyak, menjadi peluang menarik membuka toko peralatan memancing. PT Dunia Pancing Indonesia pun melihat peluang ini. Luncurkan kemitraan gerai peralatan memancing bernama DP Fishing Mart.

Dunia Pancing sejak 2003 menggeluti bisnis peralatan memancing. Zohirin, Marketing DP Fishing Mart, Dunia Pancing menyediakan tiga paket kemitraan, yakni paket kemitraan senilai Rp 30 juta, Rp 60 juta, dan Rp 100 juta.

Nilai investasi pada paket tersebut sesuai dengan nilai barang yang akan diperoleh oleh sang mitra. Misalnya, mitra yang membeli paket kemitraan senilai Rp 60 juta, maka ia akan mendapatkan barang untuk dijual senilai Rp 60 juta.

Di samping menyediakan dana untuk pembelian barang ini, menurut Zohirin, mitra juga harus membayar biaya tambahan. Besarnya Rp 12 juta untuk paket Rp 30 juta, biaya tambahan Rp 18,5 juta untuk mitra yang menginvestasikan Rp 60 juta, dan biaya tambahan Rp 20,5 juga untuk paket senilai Rp 100 juta.

DP Fishing Mart mengutip biaya tambahan ini sebagai ongkos pembuatan etalase dan uang jaminan. Misal, biaya tambahan Rp 18,5 juta, terdiri dari biaya pembuatan etalase sebesar Rp 3,5 juta dan biaya jaminan usaha sebesar Rp 15 juta.

Kini DP Fishing Mart menawarkan diskon minimal 50 persen untuk biaya tambahan. Besarnya diskon tergantung dengan jenis paket yang diambil. Alhasil, mitra cukup membayar antara Rp 5,5 juta hingga Rp 6,5 juta. Mitra bisa membayar biaya tambahan ini secara bertahap dalam waktu dua bulan. “Pembayaran seperti ini untuk meringankan mitra,” imbuh Zohirin.

Kemitraan ini berlaku untuk kerja sama selama satu tahun. Setelah membayar, DP Fishing Mart akan memberi pelatihan karyawan dan pemilik, seragam, standar operasional serta modul tentang peralatan memancing.

“Selain itu, kami juga akan memberi dukungan promosi adanya gerai baru di seluruh outlet kami,” terang Zohirin.

Beragam Pelanggan

DP Fishing Mart menyediakan beragam peralatan memancing, baik untuk kolam, sungai, hingga laut. Berbagai peralatan dan perlengkapan pancing ini diimpor dari Korea, China, dan Jepang. Harga jualnya mulai Rp 30.000 hingga Rp 3 juta.

Konsultan Wirausaha dan Praktisi Bisnis Khoerussalim Ikhlas menuturkan, bisnis ini akan berkembang baik bila ditangani pehobi mancing. Dengan pasar yang spesifik, akan sulit bagi mitra yang bukan pemancing untuk dapatkan kembali investasinya.

Ia pun berpesan agar mitra lebih berhati-hari menjalankan usahanya. Mitra pun harus cerdik dalam membidik dan merangkul pasar berupa komunitas pehobi mancing.

Salah satu cara untuk menarik minat pasar adalah menghimpun komunitas untuk membangun pasar dan memperkenalkan brand. “Mitra juga bisa mengadakan lomba yang berhubungan erat dengan kegiatan memancing dan menjalin kerja sama dengan produk lainnya,” tutur Khoerussalim.

Mutu Terjaga, Harga Berbeda

PALEMBANG KS

Harga alat pancing yang tidak begitu mahal membuat hobi yang satu ini banyak disenangi orang. Dengan berbelanja di toko toko pancing besar, yang memberikan harga yang murah, para pemancing dapat membeli semua kebutuhan pancingnya.

Di toko Istana pancing, di Jalan Lematang No 478 B, 15 Ilir Palembang misalnya, tersedia berbagai jenis alat pancing, baik untuk pemula maupun profesional yang terdiri dari berbagai merek, seperti Shimano, Exori hingga Pioneer. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

“Harga memang tergantung merek dan ukuran. Ukuran dan bahannya juga bervariasi, tergantung di area mana pemancing akan menggunakannya. Di kolam pancing berair tenang, sungai atau laut,” ujar pemilik toko istana pancing Edi.

Untuk satu set joran berkualitas bawah misalnya, dibandrol mulai dari harga Rp 40 ribuan. Ada pula joran berbahan karbon yang cukup kuat untuk memancing ikan berukuran besar, yang dibandrol jutaan rupiah.

Kualitas joran dipilih yang kekuatannya baik dan juga mempunyai daya lentur yang sesuai penggunaannya. Kelenturan joran juga mempengaruhi dalam menguras tenaga ikan yang terpancing. Untuk kepraktisan semata dapat anda pilih joran tipe antena (telescopic), yang terdiri dari beberapa ruas batang, dapat dipanjangkan atau dipendekkan.

Namun bila Anda hampir setiap minggu pergi memancing, ada baiknya memilih tipe joran yang tanpa sambungan (one piece) atau yang disambung, biasanya dua batang (two pieces) atau tiga batang (three pieces).

Joran tipe ini mempunyai kekuatan dan kelenturan yang lebih baik dari tipe antena. Untuk bahannya, dianjurkan minimal yang terbuat dari serat kaca ( fibreglass) yang berongga di tengahnya bukan yang padat. Belakangan memang banyak joran yang berbahan Carbon, Grafit, Boron atau Kevlar. Panjang joran yang ideal antara 120 cm hingga 180 cm. Ukuran yang umum digunakan berkisar 168-180 cm.

Sementara untuk reel atau kerekannya, juga tak jauh berbeda. Harganya mulai dari Rp 200 ribuan bahkan ada juga yang mencapai Rp 6 juta. Perbedaan harga ini, menurut edi, tergantung ukuran, berat dan bahan yang digunakan pabrikan pembuat reel tersebut.

“Memilih penggulung yang baik diutamakan kualitasnya. Reel yang baikbadannya terbuat dari Grafit yang ringan bukan plastik atau alumunium. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih spining ril seperti rem spul (Drag), bantalan roda (Ball Bearing) dan, rasio gigi (Gear Ratio),” tambah Edi.

Berikutnya adalah pelampung, yang merupakan alat pendeteksi bantuan yang memberitahukan bahwa ikan tengah memakan umpan kita. Pelampung atau kambangan ini dibuat dari bahan yang sangat ringan agar dapat mengambang di air. Untuk alat ini dibandrol cukup murah, mulai dari ratusan hingga ribuan rupiah, tergantung ukuran.

Sementara untuk benang pancingan, juga cukup bervariasi. Namun untuk kelas profesional, harganya bisa mencapai Rp 2 jutaan, khususnya benang berukuran 300 meter untuk keperluan memancing di laut.

Lalu ada serokan seharga mulai dari Rp 20 ribu, yang berfungsi untuk mengangkat ikan yang sudah menggigit umpan. Dan yang tak kalah penting, adalah mata kail, mulai dari bermata satu hingga lebih yang harganya juga mulai dari ratusan rupiah. Semua alat tersebut dapat Anda padukan dalam sebuah tas pancing yang paling murahnya dihargai Rp 18 ribu.

Meski banyak alat modern yang menawarkan pilihan dengan harga mahal, alat pancing sebenarnya hanya terdiri tiga bagian yaitu joran, senar atau benang pancingan dan mata pancing. Selebihnya hobi pemancing kadang tak bisa lepas dari hoki alias keberuntungan pemancing sendiri, meski alat pancing yang dipakai mahal dan modern, tapi kalau kurang mahir dan sedang tidak beruntung, sama saja.

Harga Pun Hingga Jutaan

Tak main-main menyelami hobi mancing, jika sudah “tergila-gila” dengan hobi yang satu ini penggila mancing tak segan mengeluarkan kocek hingga jutaan rupiah.

Bukan hanya waktu yang dikalahkan dengan kegiatan yang satu ini, demi mendapat kepuasaan tak jarang pemancing selalu meng update peralatan mancing mulai dari joran hingga katrol dengan harga fantastis.

Bagi  pengusaha toko  pancing tentunnya kondisi ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang menjalankan. Seperti halnya bisnis toko pancing yang dijalankan Susanto Amir pemilik toko  Dunia Pancing  yang terletak di Jalan Kebon Jahe Ruko No 550 Palembang.

Ditokonya menyediakan  berbagai  macam peralatan memancing, dari joran (stick), rell, senar hingga berbagai jenis umpan memancing dengan harga bervarian. Alat yang tersedia di toko pancing ini terbilang lengkap dan berkualitas baik, salah satunya  joran  dengan merk Pioner, joran dengan merk ini paling di minati oleh pemancing karena Joran Pioner terbuat dari bahan serat  karbon sehingga bila mana  mencapai berat maksimal daya elastisitas joran terbukti sangat tinggi dan tak mudah patah ataupun bengkok.

Sedangkan untuk senar dan katrol (Rell) yang paling banyak diminati  adalah  merk simano, selain harganya murah produk asli  buatan Jepang ini  terbilang kuat dan awet, untuk harga juga tak terbilang tinggi cukup dengan 15 ribu hingga 200 ribu  Rupiah, pelanggan sudah dapat membawa pulang senar dengan kualitas terbaik, sedangkan untuk katrol (rell) dari 100 ribu hingga jutaan rupiah  tersedia di toko ini.

Susanto Amir mengatakan, harga jual peralatan pancing ditokonya sangat bervarian tergantung bentuk dan kualitas yakni mulai dari 15 ribu hingga jutaan rupiah. Selain menjual langsung kepada pecinta mancing tokonya juga merupakan distributor untuk beberapa wilayah di Sumatera, bukan saja karna harga namun karna kualitas barang yang ia sediakan di toko pancingnya terbilang cukup memuaskan pelanggan.

“Kalau di toko kami ini harga semuanya standart dan terjangkau, dari joran hingga umpan kita sediakan, dari kualitas standart hingga yang terbaik kita sediakan demi kenyamanan penggila pancing yang berkunjung ke toko kami “ ujarnya

Tambahnya lagi toko yang buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB ini juga menyediakan pembelian alat pancing dengan partai  banyak.

“Kita juga siap melayani pembelian  peralatan pancing dengan partai banyak  untuk toko-toko atau kolam pemancingan yang  ingin  menyediakan  peralatan mancing bisa ambil di toko  Dunia Pancing,” tukasnya





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster