16 Kab/kota se-Sumsel Jelajah Alam Dempo

 322 total views,  6 views today

pagaralam

Landscape Pagaralam | Dok KS

PAGARALAM, KS—Menjelajahi keindahan  alam di Sumatera Selatan, khususnya Kota Pagaralam dapat memberikan pengalaman yang begitu menakjubkan. Mengingat daerah ini banyak terdapat berbagai daya tarik wisata khususnya keindahan alam, hingga membuat wisatawan yang datang tidak perna menyesali meskipun melalui perjalanan panjang.

Ratusan peserta dari 16 kabupaten/kota di Sumsel, mengikuti jelajah alam yang digelar Pemprov Sumsel dan Pemerintah Kota Pagaralam melalui Badan Lingkungan Hidup di kawasan Gunung Dempo. Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda), Kota Pagaralam, Drs H Safrudin MSi, didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Pagaralam, Ir Hj Zaitun

MSi, Rabu (12/6) kemarin.

Menurutnya, kegiatan jelajah alam ini dimulai di sekitar pabrik teh, kemudian mengelilingi kawasan wisata air terjun dan akan berakhir di alun-alun kota.  “Dinilai cukup banyak para peserta yang ikut serta dalam kegiatan jelajah alam di Gunung Dempo seperti 25 regu utusan dari 16 kab/kota, ditambah TNI, Polri dan masyarakat umum lainnya,” kata

Safrudin.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia diharapkan dapat mempromosikan wisata dan mendukung peningkatan kujungan wisata di Kota Pagaralam. “Nantinya jelajah alam akan melalui beberapa jalur atau estafet yang merupakan lintasan bagi peserta,” terangnya.

Lanjutnya, kegiatan ini  diselenggarakan oleh pihak Pemprov Sumsel, sementara  Pemkot Pagaralam bekerjasama dengan TNI AD sebagai pelaksana kegiatan termasuk pemandu di lapangan. “Kita hanya menjadi tempat pelaksanaan kegiatan jelajah alam Gunung Dempo dalam rangka menyambut hari lingkungan hidup sedunia. Meski begitu, melalui kegiatan ini setidaknya dapat mendukung kegiatan promosi wisata dan pengenalan keindahan alam Kota Pagaralam,” sebutnya.

Sementara itu Event Organizer (EO) Mayor Haryo menuturkan, dapat terselenggaranya kegiatan ini berkat dikoordinir Badan Lingkungan Hidup bekerjasama dengan TNI AD terutama Kodim 0405 Lahat.

“Jelajah alam akan menempuh jarak 3,8 – 4 km  dengan mengambil star di halaman Pabrik Teh Gunung Dempo, dan akan berakhir di Gunung Gare” kata Haryo.

Menurutnya, dalam jelajah alam ini nantinya peserta akan melintasi berbagai rintangan, seperti merayap tali, jembtan tali dua, turun tebing, penyebrangan sungai dan jaring pendarat. Sedangkan dalam bidang pengetahuan alam berupa pengenalan tanaman dan termasuk membawa pesan lingkungan.

“Kegiatan ini digelar selama satu hari dan masing-masing peserta akan mendapat penilaian, tidak hanya kemampuan dalam jelajah alam tetapi termasuk pula pengetahuan atau wawasan lingkungan hidup,” seraya menambahkan untuk tim penilai ada dari jajaran Kodim 0405 Lahat dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Pagaralam itu sendiri.

Teks: Antoni Steven

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster