Bupati Lahat : Kami Berencana Bangun Rumah Untuk Anak Jalanan

greenyazzahra.wordpress.com--

greenyazzahra.wordpress.com

Lahat / KS-Kabupaten Lahat tentunya tidak asing lagi dengan adanya anak jalanan atau anjal yang berprofesi mulai dari pengamen jalanan, pengemis sampai ke anak punk yang kerap ditemukan diseputaran Kota Lahat.

Bupati Lahat H.Saifudin Aswari Riva’i, SE,  kepada wartawan Kabar Sumatera mengatakan, pada tahun 2014 mendatang pihaknya akan berusaha membangun sebuah rumah dan sekolah khusus untuk anak jalanan.

“Ya, makin lama anjal semakin banyak. Untuk itu, tahun depan rencana kita akan bangun rumah khusu buar mereka (anjal –red), “ ungkapkannya, Minggu (9/6).

Dirinya mengakui, Lahat banyak anak jalanan yang setiap harinya selalu berjalan mengelilingi Kota Lahat dan mengamen di berbagai tempat. Ironisnya lagi, ada juga anjal suruhan dijadikan sebagai seorang pengemis oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Memang ada kalanya ketika kita melihat mereka, rasanya hati ini ingin menangis, dengan inilah kami sebagai pemerintah akan berusaha memperbaiki ini semua dengan membangun sebuah rumah dan sekolah anjal yang insya allah akan kita usahakan tahun 2014 pembangunanya akan dimulai sehingga anjal di kabupaten Lahat mulai berkurang,” ungkap Wari sapaan Aswari.

Dilanjutkannya, pemerintah terus berjuang bagaimana caranya anjal di Bbumi Seganti Setungguan ini berkurang bahkan habis sama sekali. “Hal ini tentunya harapan kita agar kota lahat bersih nyaman dari segala hal yang bersipat apapun,” katanya.

Sementara itu, salah satu anjal yang namanya enggan disebutkan mengatakan,  dirinya melakukan semua ini karena terpaksa, selain tidak ada tempat berlindung pada waktu malam, dirinya beserta rombongan anjal lainnya terpaksa tidur di emperan setiap malam.

“Semua ini kami lakukan karena kami ini tidak mempunyai apa-apa sehingga kami terpaksa tidur diemperan, kami harapkan pemerintah dapat memberikan perhatiannya bagi kami sehingga kehidupan kami ini kedepannya dapat etrjamin dan hidup layak seperti masyarakat lainnya,” cetus seorang anjal.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol-PP), Lahat Amir mengatakan, sejauh ini pihaknya belum dapat melakukan rahazia khusus anjal, karena dalam hal ini pol-pp belum mendapatkan petunjuk dari Bupati untuk melakukan Rahazia. “Kita akan melakukan rhazia bagi anjal jika telah mendapatkan surat dari bupati, dan sejauh ini kita belum melakukan rahazia karena belum mendapatkan petunjuk sama sekali dari bupati.

Teks / Foto : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com