Quick Count, Alex-Ishak Unggul

 177 total views,  2 views today

foto-lepas

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin beserta keluarga besarnya, melakukan doa bersama yang dipimpin langsung Ust. Haryono di kediamannya sebelum memberikan hak suaranya di TPS 03, Jl.Merdeka, Palembang, kamis (6/6) | Foto : Bagus KS

PALEMBANG, KS-Hasil perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan empat lembaga survey, menempatkan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki, unggul dibandingkan tiga pasangan lainnya. Namun satu lembaga survey yakni Jaringan Survey Nasional (JSN), justru menempatkan pasangan Herman Deru-Maphilinda (Derma), unggul.

Calon incumbent ini hasil quick count, bersaing ketat dengan pasangan nomor urut 3, Herman Deru-Maphilinda (Derma), diikuti pasangan Eddy Santana Putra-Wiwiet Tatung (ESP-Win) dan pasangan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir.

Hasil quick count Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), pasangan Alex-Ishak mendapat dukungan 35,03 persen, Derma 33,24 persen, ESP-Win 17,44 persen dan Iskandar-Hafisz 14,31persen.

Sementara quick count Indobarometer, Alex-Ishak 35,56 persen, Derma 33,11 persen, ESP-Win 19,71 persen dan Iskandar-Hafisz 11,62 persen. Hasil tak jauh berbeda juga ditunjukkan dari cuick count Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC).

Pasangan nomor urut 4 unggul dengan 36,26 persen, diikuti pasangan nomor urut 3 dengan dukungan 33,18 persen, kemudian pasangan nomor urut 1 sebanyak 19,69 persen dan pasangan nomor urut 2 sebanyak 10,87 persen.

Quick count Lembaga Survey Indonesia (LSI) Sumsel, juga menunjukkan hasil tak jauh berbeda. Pasangan Alex-Ishak unggul 35,03 persen, Derma 33,24 persen, ESP-Win 17,44 persen dan Iskandar-Hafisz 16,31 persen.

“Pasangan Alex-Ishak unggul di 9 kabupaten dan kota, Derma di 5 kabupaten dan kota, Iskandar-Hafisz di satu kota. Sementara pasangan ESP-Win tidak berhasil mengusai satu kabupaten dan kota manapun termasuk di kandang, yakni Palembang,” kata Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, Kamis (6/6).

Sembilan kabupaten dan kota yang dimenangkan Alex-Ishak yakni Banyuasin dengan 44,52 persen, Empat Lawang 37,07 persen, Lahat 36,83 persen, Muba 52,88 persen.

Kemudian Mura 39,95 persen, OI 39,02 persen, OKI 40,91 persen, OKU 39,90 persen dan Kota Palembang sebanyak 40, 82 persen. Sementara itu pasangan Derma jelasnya unggul di Muara Enim dengan 38,30 persen, OKU Timur 79,58 persen, OKU Selatan 53,52 persen, Pagaralam 52,36 persen, dan Prabumulih 42,09 persen.

“Sedangkan pasangan Iskandar-Hafisz, unggul di Lubuk Linggau dengan 45,08 persen. Kejutannya, ESP-Win tidak berhasil kuasai daerah manapun termasuk Palembang,” kata Husin.

Sementara itu Manajer Riset Jaringan Survey Nasional (JSN), Herman Nursalim menyebut, hasil quick count yang mereka lakukan menunjukkan hasil berbeda. Yakni pasangan Derma unggul dengan 35,15 persen, kemudian pasangan Alex-Ishak dengan 34,95 persen, ESP-Win 18,99 persen dan pasangan Iskandar-Hafisz 11,01 persen. Artinya pasangan Derma unggul 0,20 persen dibandingkan pasangan Alex-Ishak.

Quick count ini, kami lakukan sesuai dengan kaedah dan memenuhi syarat ilmiah. Ada 400 TPS yang menjadi sample, dengan margin error kurang lebih satu persen dan tingkat kepercayaan 95 persen,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Tim Kampanye pasangan Alex-Ishak, Edward Jaya mengaku kemenangan pasangan nomor urut 4 ini sudah diprakirakan. “Namun ada yang diluar prediksi kita yakni, misalnya persentase kemenangan. Hasil survey internal Golkar, pasangan Alex-Ishak unggul 6-7 persen dibandingkan pasangan lainnya,” kata Edward.

Selain itu sambungnya, kekalahan dibeberapa daerah yang menjadi basis Partai Golkar seperti OKU Selatan, dan Prabumulih akan menjadi bahan evaluasi. Sedangkan kemenangan di Palembang, yang harusnya menjadi basis pasangan ESP-Win kata  Edward adalah hasil perjuangan selama ini

“Kemenangan ini menunjukkan mesin partai bergerak, kita memiliki 11 kepala daerah dari Golkar. Semua calon anggota legislatif (caleg) dari kita, juga diminta untuk bergerak dan turun ke masyarakat. Hasilnya, alhamdulillah kita menang,”ungkapnya.

Teks    : Dicky  Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster