Calon SNMPTN Harus Mengikuti Proses Verifikasi Data

 177 total views,  2 views today

PALEMBANG | KS- Calon mahasiswa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. yang dinyatakan lulus pada tahap seleksi awal harus mengikuti prosese vertifikasi data. Hal ini dilakukan untuk mencocokkan nilai yang diterima oleh panitia pada waktu pendaftaran dan nilai yang tertera pada nilai lapor yang asli. Demikian diungkapkan Zulkifli Dahlan Ketua Pelaksana SNMPTN kemarin (4/6).

“ Jika data yang dicocokkan ternyata tidak sama maka verifikator akan membuat catatan pada lembar verifikasi yang disediahkan,” ungkapnya.

Menurutnya, Unsri sendiri menyiapkan 128 verifikator dari 48 program studi yang ada di Unsri terdiri dari Dekan, pembantu dekan, dan dosen yang bersangkutan.

Zul menyampaikan verifikator juga boleh melakukan wawancara singkat untuk mengetahui kemampuan siswa.“ Boleh wawancara untuk melihat tingkat kemampuan siswa, namun tidak akan mempengaruhi hasil verifikasi data,” ungkapnya.

Proses verifikasi hanya memerlukan sekitar 20 menit untuk tiap calon mahasiswa dan mereka dipersilakan untuk pulang. “Tidak ada proses apapun lagi setelah verifikasi dan peserta tinggal menuggu hasilnya yang akan diumumkan secara oline pada 13 Juni mendatang,”ungkapnya.

Uswani, salah satu calon mahasiswa asal Madrasah Aliyah (MA) Sakitiga Indralaya yang diterima di prodi Manajemen Unsri menyatakan tidak menemui kesulitan pada proses verifikasi. Ia mengaku semua berkas yang diperlukan sudah dipersiapkan sejak jauh hari.

TEKS        : AMINUDDIN

EDITOR  : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster