Ribuan Atribut Pilgub Diamankan

 175 total views,  2 views today

foto-lepas

PALEMBANG, KS-Ribuan alat peraga milik empat pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Sumatera Selatan (Sumsel),  Rabu (29/5), ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Palembang.

Pantauan Kabar Sumatera, alat peraga itu seperti spanduk, baleho, dan banner umumnya dipasang di ruas jalan protokol di Kota Palembang. Puluhan petugas Pol PP yang dikerahkan, menurunkan berbagai jenis atribut sosialisasi milik empat pasangan cagub-cawagub tersebut.

Kepala Sat Pol PP Kota Palembang, Aris Saputra menyebut,  alat peraga milik calon pemimpin Sumsel itu ditertibkan karena dipasang di median jalan dan di kawasan yang dilarang.

Ia mengaku, sudah berulangkali mensosialisasikan larangan itu kepada tim pemenangan masing-masing pasangan calon. Bahkan, papan larangan pemasangan atribut milik ormas, organisasi usaha, kegiatan dan parpol serta lainnya juga sudah dipasang namun tidak juga digubris.

“Terpaksa kami menertibkan sendiri, ini sesuai dengan  Peraturan Wali Kota (Perwali) Palembang Nomor  9 tahun 2009. Dalam perwali itu, sudah dijelaskan kawasan-kawasan yang dilarang untuk dipasang atribut apapun termasuk spanduk, baleho maupun benner peraga milik pasangan cagub-cawagub. Sebab itu merusak keindahan kota Palembang,  tetapi sayang masih juga di langgar,”kata Aris.

Ia menyebut, ada ribuan alat peraga yang sudah diamankan Sat Pol PP di dari sejumlah kawasan seperti di Jalan Kapten A Rivai, Veteran, Basuki Rahmat, Demang Lebar Daun, Kol H Barlian, Soekarno-Hatta, Jalan Tanjung Api-Api, Ahmad Yani dan beberapa kawasan lainnya.

 Apakah penertiban itu, tidak akan dipersoalkan oleh tim pemenang pasangan calon ?, Aris mengatakan, tidak masalah. Sebab itu memang kewenangan Sat Pol PP Kota Palembang. Karena atribut itu dipasang dikawasan terlarang, sesuai dengan Perwali Nomor 9 tahun 2009. “Semua atribut itu, hanya kita tertibkan dan tidak dirusak. Semuanya kita amankan di Kantor Sat Pol PP Kota Palembang,” imbuhnya.

Sayangnya sambung Aris, penertiban yang mereka lakukan tersebut terkesan sia-sia. Karena usai ditertibkan, esoknya berbagai jenis atribut yang sama kembali dipasang oleh tim pemenangan pasangan cagub-cawagub.

Sementara itu anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel, Kurniawan ketika dikonfirmasi mengatakan, banyaknya alat peraga milik pasangan Cagub-Cawagub Sumsel yang dipasang di kawasan yang dilarang tersebut disebabkan kurangnya koordinasi dan sosialisasi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, serta Bawaslu. “Itulah kenapa banyak alat peraga milik pasangan calon, dipasang di media jalan yang dilarang. Harusnya ini menjadi tugas KPU,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster