Foday Susul Jufrianto

 619 total views,  2 views today

FODAY-(1)

FODAY

PALEMBANG | KS-Setelah sebelumnya hanya Ahmad Jufrianto yang baru dipastikan absen saat Sriwijaya FC (SFC) menyambangi markas Persita Tanggerang, Stadion Mashud Wisnusaputra, Kuningan, Senin (10/6) mendatang, kini menyusul nama bomber asing, Boakay Eddie Foday yang juga tidak akan tampil.

Tidak tanggung-tanggung, jika Jufrianto hanya absen pada satu partai, maka untuk Foday dipastikan tidak akan tampil di dua laga tandang secara beruntun. Yakni saat bertemu Persita (10/6) dan Persib Bandung (15/6). Pernyebabnya tidak lain karena disaat bersamaan Foday harus membela negaranya Liberia, dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2014.

“Selasa (28/5) kemarin, saya sudah minta izin kepada Manajemen jika tidak dapat tampil di dua pertandingan tandang ke depan lantaran mendapat panggilan timnas Liberia. Dan sekarang sudah diizinkan, berangkat pada besok malam (hari ini-red),” kata Foday, Rabu (29/5) kemarin.

Telah mengantongi izin, Foday menegaskan dirinya sangat merasa lega. Dia tidak ingin mengulangi kesalahannya saat membela Timnas Liberia pertama kali pada 24 Maret lalu, dimana dia sempat mengalami konflik dengan manajemen karena kurang komunikasi.

Pada waktu itu, Direktur Teknik dan SDM SFC, Hendri Zainuddin yang merasa tidak senang dengan tindakan indisipliner Foday, tetap pergi ke Liberia meski tanpa izin dari manajemen menyatakan berang.

Akibatnya, secara pribadi pria asal Payaraman, Ogan Ilir ini sempat mengambil sikap kontroversial dengan memecat Foday, karena tidak senang dengan tindakan pemainnya yang mengabaikan larangan klub kepada dirinya membela Timnas Liberia.

Beruntung, Presiden Klub SFC, Dodi Reza Alex turun tangan dan menegaskan tidak ada pemecatan kepada Foday. Namun tetap sebagai sanksi atas pelanggarannya, pemain bertubuh jangkung itu diberikan surat peringatan (SP) agar tidak lagi mengulangi kesalahannya yang sama dikemudian hari.

Jadi wajar untuk kepergiannya yang kedua ini, Foday mengaku benar-benar menunggu keputusan akhir dari manajemen SFC. “Saya di SFC ini bekerja. Dan sudah sepantasnya saya mendengarkan instruksi terlebih dulu agar tidak lagi terjadi kesalahpahaman,” ujar pemain berusia 27 tahun tersebut.

Sebenarnya pemanggilan Asosiasi Sepakbola Liberia sudah diterima manajemen Laskar Wong Kito sudah sejak lama, yakni tepatnya pada 9 Mei lalu. Dijelaskan dalam surat itu bahwa Foday mesti bergabung pada 24 Mei lalu, demi menjalani training camp beberapa pekan sebelum pertandingan berlangsung.

Hanya saja, berhubung waktu itu SFC meski melakoni laga krusial menghadapi Persiwa Wamena (24/5) dan Persipura Jayapura (27/5), makanya manajemen meminta kelonggaran agar kepergian Foday ditunda. Barulah pada kesempatan kali ini Foday bisa pergi ke Liberia, karena perjanjian dengan manajemen sejak awal memang demikian.

“LFA sudah kirimkan surat pemanggilan ke SFC dan sudah disetujui. Untuk lebih lengkapnya silakkan tanyakan saja ke manajemen,” terang mantan punggawa Persiwa tersebut.

Terpisah, Manajer SFC, Robert Heri mengungkapkan jika sejak awal pihaknya memang akan memberikan izin kepada Foday sesuai dengan janji awal, yakni selepas memperkuat Persipura (26/5) kemarin. Manajemen tidak mempermasalahkan jika Foday absen dalam beberapa laga SFC kedepan, khususnya saat menghadapi Persita dan Persib.

“Saya rasa tidak masalah atas kepergian Foday ke Timnas Liberia. Karena meski kekuatan kita akan berkurang, sisi positif bisa kita ambil dengan rasa bangga atas pengakuan kualitas. Saya rasa pelatih pun punya strategi untuk menutupi kekurangan Foday ini,” ujar Robert.

Seperti diketahui Timnas Liberia sendiri akan kembali menghadapi laga lanjutan pada putaran kedua dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2014. Terdekat lawan yang akan dihadapi adalah Timnas Uganda pada 8 Juni mendatang dan satu minggu kemudian (15/6) berlanjut akan menghadapi Timnas Senegal. Kemudian lawan terakhir yakni menghadapi Timnas Angola pada 6 September mendatang.

TEKS: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster